Technologue.id, Jakarta – Sebagai produk smartwatch pertama buatan Apple, Apple Watch sudah berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan berbagai fitur yang dimilikinya, salah satunya adalah sensor pendeteksi detak jantung.

Berdasarkan sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, di antara smartwatch lainnya, sensor pendeteksi detak jantung milik Apple Watch mampu menunjukkan hasil yang paling akurat.

Mengutip dari NextPowerUp (25/05/17), pengujian tersebut dilakukan dengan cara membandingkan produk buatan Apple itu dengan sejumlah perangkat yang juga memiliki fitur serupa, seperti Basis Peak, Fitbit Surge, Microsoft Band, Mio Alpha 2, PulseOn, dan Samsung Gear S2.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh 60 orang menunjukkan bahwa sensor pendeteksi jantung yang dimiliki Apple Watch memiliki tingkat kesalahan 2 persen jika dibandingkan dengan ECG (alat pendeteksi detak jantung sebenarnya).

Di antara semua smartwatch yang diuji, Samsung Gear S2 adalah perangkat yang mempunyai tingkat kesalahan paling tinggi, yaitu mencapai 6,8 persen. Padahal, angka normalnya paling tidak 5 persen atau di bawahnya.

Perangkat lainnya, PulseOn dan Microsoft Band sendiri berhasil mendeteksi detak jantung dengan tingkat kesalahan masing-masing 4,9 persen dan 5,6 persen.

 

Baca Juga:

Q1 2017, Apple Watch Jadi Perangkat Wearable Favorit

Ingin Punya Apple Watch Tapi Budget Terbatas? Coba Lihat Produk ini

Akhirnya, Ada Satu Alasan Menarik untuk Beli Apple Watch