Technologue.id, Jakarta – Kabar gembira untuk para pengguna Asus, khususnya user Zenfone 5 series terbaru. Pasalnya, Asus resmi mengumumkan kepastian hadirnya update sistem operasi Android Pie 9.0 untuk Zenfone 5, Zenfone 5Q, dan Zenfone 5Z.

“Semua pengguna ZenFone 5, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5Q akan dapat menjajal beragam fitur baru di Android Pie dalam waktu dekat,” ujar Jimmy Lin, Country Manager Asus Indonesia.

“Ini merupakan bukti komitmen kami untuk memastikan pengguna ZenFone selalu mendapatkan pengalaman penggunaan yang terbaik,” tambahnya.

Baca juga:

Asus ROG Phone Dijual Mulai Rp13 Jutaan, Intip Spesifikasinya

- Advertisement -

Update sistem operasi ini akan didistribusikan secara otomatis melalui firmware-over-the-air (FOTA). Jadwal update dimulai dari Zenfone 5 ZE620KL di awal Q1 2019. Berlanjut ke Zenfone 5Z ZS620KL dan Zenfone 5Q pada akhir Januari 2019.

Pengguna ZenFone 5 Series secara otomatis akan mendapatkan notifikasi ketika update Android 9.0 Pie telah tersedia. Pengguna juga bisa langsung mengunduh update tersebut melalui metode FOTA untuk memulai proses instalasi.

Baca juga:

Ini Dia 5 Ponsel Tergarang Saat Ini Versi AnTuTu

Ketika update telah selesai diunduh, sebuah notifikasi akan muncul dan pengguna bisa memulai melakukan update. Proses instalasi update Android 9.0 Pie akan berlangsung beberapa menit dan perangkat akan melakukan restart sebanyak dua kali.

Asus juga menyediakan opsi update manual untuk perangkat yang tidak mendapatkan notifikasi update Android 9.0 Pie melalui FOTA. Update manual ini akan tersedia satu minggu setelah update melalui FOTA tersedia ke publik.

Baca juga:

Asus Sulap Touchpad Jadi Layar Mini di Zenbook Pro 15 UX580

Prosedur update manual dapat diakses melalui menu the Settings > System > System Updates. Sistem akan memeriksa ketersediaan update tersebut dan pengguna bisa langsung melakukan instalasi.