Technologue.id, Jakarta – Asus meluncurkan laptop premium Zenbook Pro terbaru. Dengan nama seri Zenbook Pro 15 UX580, laptop ini memiliki bantalan sentuh (touchpad) yang sangat canggih karena bisa bertindak sebagai layar kedua alias secondary display.

Asus menonjolkan kegunaan touchpad lebih dari sekedar pengendali kursor atau pengganti mouse. Touchpad pada Zenbook Pro 15 UX580 diganti dengan layar sentuh berukuran kecil yang disebut dengan ScreenPad. Dengan layar ini, pengguna bisa membuat shortcut alias jalan pintas dalam menggunakan aplikasi pilihan yang sering mereka akses. ScreenPad memuat beberapa tampilan shortcut seperti Calculator, Calendar, Numkey, dan Music Player.

User interface Screenpad (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Baca juga:

Asus Betah Bertengger di Ranking Teratas Pasar Laptop

Tak hanya untuk jalan pintas, ScreenPad ini juga bisa difungsikan menjadi layar sekunder pada laptop ini. Sebagaimana layar biasanya, ScreenPad juga bisa menampilkan berbagai informasi yang tampak pada layar utama.

- Advertisement -

“Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan layar kedua ini. Fitur di touchpad ini bisa di personalize sesuai keinginan pengguna,” ujar Muhammad Firman, Head of Public Relations and E-markerting Asus Indonesia, saat acara peluncuran laptop terbaru ini, di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Screenpad bisa berperan sebagai layar sekunder (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Baca juga:

Asus Zenbook S Tampil Tipis Seukuran Kertas

Layar ScreenPad berukuran 5,5 inchi FHD ini turut dimanfaatkan untuk penggunaan Asus Sync. Fitur ini untuk mensinkronisasikan smartphone dengan ScreenPad, sehingga pengguna bisa mengakses bermacam aplikasi di ponsel melalui layar kecil itu. Mulai dari streaming, melihat panggilan telepon, hingga membuka dan membaca pesan WhatsApp. Untuk mengaktifkannya, tinggal pairing ponsel dengan laptop melalui Bluetooth atau jaringan Wi-Fi. Pastikan juga smartphone sudah menginstal aplikasi Asus Sync yang kompatible dengan perangkat berbasis Android dan iOS.

“Kegunaannya bisa mengecek pesan-pesan yang masuk tanpa perlu melihat smartphone. Namun untuk kontrol, tetap semua dari smartphone. Di Asus Sync, bisa membuka dan melihat konten-konten saja. Tetapi kalau sudah di dalam aplikasinya, kita tidak bisa apa-apain, misalnya di WhatsApp, tidak bisa balas pesan,” jelas Firman.

Melihat fungsinya, laptop ini menyasar para kreator profesional yang menuntut tingkat produktifitas tinggi, mulai dari usia 25-35 tahun.

Baca juga:

Asus ROG Phone Dijual Mulai Rp13 Jutaan, Intip Spesifikasinya

Seri Zenbook yang diluncurkan ini hadir dengan ukuran layar 15 inci. Dari sisi spesifikasi, sesuai dengan target marketnya laptop ini memiliki perangkat keras yang mumpuni. ZenBook Pro 15 menggunakan prosesor Intel Core i7-8750H, kartu grafis GPU GeForce GTX 1050, RAM DDR4 sebesar 16GB, dan penyimpanan data SSD 1 TB PCIe x4. Kombinasi hardware dikatakan sangat mumpuni bagi sebuah ultrabook tipis.

“Di pasar Indonesia, kami hanya menawarkan opsi prosesor Core i7 karena juga mempunyai performa yang lebih dari cukup. Notebook ini tipis namun memiliki performa tinggi,” jelasnya.

Spesifikasi lain yang tak kalah penting termasuk diantaranya sistem pendingin Dual fan dengan 3 heat systems, fitur Tru2 Life, Thunderbolt 3.0, dan baterai yang bisa bertahan selama 9,5 jam.

Harga Zenbook Pro 15 UX580 sebesar Rp35.999.000