Technologue.id, Jakarta – Dari lima finalis yang mengikuti Imagine Cup 2018 Indonesia, terpilih tim dari University of Manchester sebagai juaranya. Tim Beehive Drones berhasil meraih hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp 10 juta. Melalui produk Beehive Drones pelajar dari University of Manchester berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi juara pertama Imagine Cup 2018.

Kami tim Technologue.id berkesempatan hadir dalam acara final Imagine Cup 2018 Indonesia di kawasan SCBD, Jakarta. Menurut kami mereka layak menjadi pemenang karena produk yang mereka usung dan presentasi mereka di hadapan para juri sangat tepat sasaran. Beehive Drones Agriculture ini nantinya akan membantu dunia pertanian di Indonesia.

Baca juga:

AI dan Machine Learning Jadi Tema Imagine Cup Imagine Cup 2018 Indonesia

Beehive Agriculture sendiri merupakan sistem drone yang koperatif dan dapat diakses melalui aplikasi mobile untuk membawa detail akurasi pertanian ke tangan petani. Perangkat ini dirancang untuk melakukan analisis dan tugas pertanian. Para petani juga diberikan kemudahan dalam penggunaan drone melalui website dan aplikasi mobile.

“Kami sangat senang Beehive Drones Agriculture terpilih untuk mewakili Indonesia di babak Imagine Cup berikutnya. Visi kami adalah menerapkan teknologi seperangkat drone berbasis Internet of Things (IoT) untuk memecahkan masalah pertanian di Indonesia. Kami optimis akan mengharumkan nama Indonesia di jagat internasional,” Hilton Tnunay dari University of Manchester mengungkapkan kepada Technologue.id di bilangan Sudirman, Jakarta.

Baca juga:

Microsoft Sematkan Cortana ke Aplikasi Chat, Apa Jadinya?

Beehive Drones akan mewakili Indonesia pada Imagine Cup 2018 Asia Pacific Finals yang dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 3 hingga 5 April 2018 mendatang. Sang juara akan berkompetisi dengan 15 tim lainnya yang berasal dari negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Korea, Nepal dan Sri Lanka. Selanjutnya tim tersebut akan memperebutkan tiket ke Imagine Cup World Finals 2018 yang diadakan di kantor pusat Microsoft di Seattle, Amerika Serikat pada bulan Juli mendatang.

“Kami senang dapat melihat Beehive Drones berkompetisi di Asia Pacific Finals. Semoga mereka dapat meraih juara dan mewakili Indonesia pada bulan Juli mendatang di World Finals di Amerika Serikat,” papar Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager dan Commercial Software Engineering Microsoft Indonesia.

Baca juga:

Microsoft Segera Perbaiki Masalah Privasi di Windows 10

Nantinya, juara di World Finals akan mendapatkan hadiah uang tunai hingga USD 100.000 atau setara Rp 1,3 Miliar. Semoga Indonesia bisa menjadi juara dari Imagine Cup 2018 World Finals. Mengingat hingga saat ini, tim dari Indonesia telah mencetak dua juara dunia. Solite Studio pada tahun 2013 dan None Developer pada tahun 2016, dimana keduanya berasal dari Universitas Trunojoyo. Sementara CIMOL dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan aplikasi Hoax Analyzer mereka berhasil meraih gelar juara di Asia Tenggara pada tahun 2017.