Technologue.id, Jakarta – Nokia 9 sejatinya sudah terdengar desas-desus kehadirannya sedari Mei lalu. Kabarnya, gawai itu bakalan lebih gahar ketimbang flagship perdana mereka selepas “mati suri”, Nokia 8. Namun hingga sekarang, belum bisa dipastikan akan sengeri apa Nokia 9.

Akan tetapi belum lama ini, desain render handset yang disinyalir adalah Nokia 9 beredar di jejaring sosial populer Tiongkok, Weibo. Menukil AllTechBuzz.net (22/12/2017), dalam gambar tersebut, tampak kalau Nokia 9 rumornya mengusung layar sentuh full di bagian mukanya dengan bezel yang tipis di sisi kiri dan kanannya layaknya ponsel premium kekinian.

Baca juga:

Smartphone Nokia 9 Bakal Mirip Samsung Galaxy S8?

- Advertisement -

Walau begitu, akan sedikit disayangkan apabila ini adalah render final dari Nokia 9. Sebab, bezel bagian atas dan bawahnya yang mengapit layar sentuh ber-aspect ratio 18:9 tersebut masih terlihat cukup tebal.

Namun, ada kelebihan lain yang kemungkinan bakal ditawarkan Nokia 9, yaitu kamera ganda di bagian punggungnya. Isunya, dual-camera itu masing-masingnya beresolusi 12MP dan 13MP. Jika bocoran ini benar adanya, maka sedikit disayangkan karena kamera Nokia 8 resolusinya lebih tinggi karena menggunakan kamera ganda 13MP.

Baca juga:

Spek Nokia 2 Bocor, Termasuk Flagship Atau Bukan?

Untuk jeroan, bocoran yang mendengung belakangan tak jauh berbeda dengan yang redaksi dengar September lalu. Gawai yang digadang-gadang mirip Samsung Galaxy S8 ini dirumorkan memakai layar Super AMOLED Quad-HD alias 2K, OS Android Oreo, prosesor Qualcomm Snadpragon 835, baterai berkapasitas 3.250mAh, serta memori internal hingga 128GB plus slot microSD. Lalu, belum bisa dipastikan apakah RAM Nokia 9 akan mencapai 8GB seperti yang diisukan sebelumnya atau cuma maksimal 6GB.

Baca juga:

Nokia 7 Sold Out dalam Hitungan Menit! Kayak Gimana Sih Speknya?

Nokia dan HMD memang belum membuat pengumuman resmi soal Nokia 9. Namun, cukup aman berspekulasi gawai itu bakal dipamerkan di CES 2018 atau MWC 2018 karena Nokia 9 telah melewati sertifikasi FCC.