Bisnis Windows, Xbox, dan Cloud Jadi Andalan Microsoft

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Microsoft baru saja memposting laporan keuangan untuk periode kuartal ketiga tahun 2021. Dan hasilnya, pendapatannya naik 19 persen menjadi US$ 41,7 miliar dan laba bersihnya naik 44 persen menjadi US$15,5 miliar dari tahun ke tahun. Dari sekian banyak layanan Microsoft, Windows, Xbox dan cloud menjadi unit bisnis yang memberikan kontribusi besar bagi mereka.

Mengutip dari TheVerge (27/04/21), selama pandemi, pasar PC menjadi bergairah kembali lantaran banyak yang harus bekerja di rumah. Dan ini membuat pendapatan lisensi OEM Windows meningkat hingga 10 persen. Sedangkan lisensi OEM Windows non-pro bertumbuh 44 persen dan OEM Windows Pro mengalami penurunan 2 persen.

Baca Juga:
Windows 10 Tembus 1,3 Miliar Pengguna

Hingga saat ini sendiri, CEO Microsoft mengungkapkan bahwa setidaknya sudah ada 1,3 miliar pengguna aktif yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows 10. Dan rencananya, mereka bakal menghadirkan Windows 10 versi terbarunya pada bulan depan sebagai penyegaran bagi para penggunanya.

Sedangkan pada unit bisnis konsol dan game, pendapatan dari penjualan Xbox Series X dan Series S mampu meningkat hingga 232 persen. Sedangkan untuk layanan dan konten Xbox, pendapatannya meningkat 34 persen menjadi US$739 miliar jika dibandingkan kuartal ketiga tahun 2020.

Baca Juga:
Discord Tolak Mahar Rp 143 Triliun dari Microsoft

Untuk unit bisnis server dan layanan cloud, pendapatannya bertumbuh 26 persen. Sementara untuk layanan cloud secara keseluruhan yang terintegrasi, terjadi peningkatan 23 persen lantaran tingginya permintaan layanan Azure.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories