Booming Belanja Online, Situs Samsung Layani Penjualan Produk

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Samsung menambah fitur penjualan pada website resminya Samsung.com. Bila sebelumnya situs ini hanya menampilkan informasi produk saja, namun saat ini konsumen bisa sekalian melakukan pembelian produk Samsung.

Peningkatan fitur pembelian produk ini dipicu oleh tren belanja online yang sedang marak di Indonesia. Ditambah lagi, menurut Elvira Jakub, Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, situs resmi perusahaan itu memiliki lebih dari 60 juta unique visitor berdasarkan data tahun 2018. Konsumen mengunjungi rata-rata dua kali, yang 85 persen akan return visit selama 1 bulan.

“Sebelum melakukan purchase, mereka akan mencari informasi produk. Tidak cuma before purchase saja, tapi after purchase mereka visit lagi untuk memaksimalkan produknya. Makanya di awal tahun 2019 ini, Samsung meluncurkan Samsung.com Shop sebagai solusi untuk konsumen melakukan pembelian online,” ujar Elvira, ketika meluncurkan Samsung.com Shop, di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Baca Juga:
Samsung Sudah Tentukan Tanggal Peluncuran Galaxy S10

Elvira Jakub, Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Vendor ponsel asal Korea Selatan itu memahami bahwa konsumen sudah fasih berbelanja secara online termasuk dalam membeli perangkat gadget seperti ponsel serta barang elektronik lainnya. Sebanyak 41 persen konsumen membeli gadget dan elektronik melalui e-commerce.

Selama ini, Samsung telah menggandeng rekan distributor dan pelaku e-commerce untuk menjual produk-produknya melalui online. Kendati dikatakan telat membuka gerai online sendiri, perusahaan memiliki alasan kuat dibaliknya.

“Sebelumnya, kita tidak fokus jualan ke end-consumer. Setelah melihat kondisi tren online makin tinggi makanya kita siapkan penjualan langsung dari Samsung.com. Kenapa lama? karena bagi kami yang bukan pemain e-commerce butuh waktu lama untuk prepare back-end misalnya merchant partner. Once kita ready, baru kita launching,” tutur Elvira.

Pengalaman transaksi di situs Samsung ini sama seperti toko online pada umumnya. Ada beberapa tahap yang harus dilalui sebelum proses transaksi berhasil. Seperti masuk ke troli (cart), isi data pribadi, pilih metode pembayaran, dan checkout.

Baca Juga:
Upaya Samsung Wujudkan Konsep Connected Living

Untuk mengembangkan bisnis ini, Samsung memberikan pengalaman end-to-end services mulai dari kemudahan pembayaran zero percent installment, free delivery, Samsung insurance, dan order Tracking.

“Kami terus berusaha inovasi untuk memenuhi kebutuhan setia pengguna Samsung. Kami ingin memberikan informasi tidak hanya bagi pengguna Samsung, tapi juga pengguna non Samsung. Selain itu, ingin membawa seamless shopping experience kepada konsumen,” ungkap Sintara Nyotowijoyo, Online Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Tahap awal penjualan, Samsung.com Shop akan menyediakan jajaran smartphone dan wearable. Selanjutnya, mereka melengkapi dengan seluruh lini produk Samsung seperti kulkas, mesin cuci, smart tv, dan sebagainya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories