Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bukan Tablet, Microsoft Persiapkan Snapdragon 1000 untuk Perangkat Ini
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Hubungan kuat Microsoft dengan Qualcomm mendorong adanya percepatan proses pengembangan chip Snapdragon untuk Windows 10 yang selama ini kukuh dipegang oleh Intel. Microsoft telah mempertimbangkan chipset Snapdragon 1000 untuk dipasang pada perangkat masa depan seperti AR, VR hingga PC desktop, bukan untuk tablet andalannya Surface. Pertimbangan itu membuat produsen Snapdragon, Qualcomm, sibuk menguji chip untuk beberapa perangkat tersebut. Menurut laman WinFuture.de (23/06/2018), Qualcomm menguji Snapdragon 1000 dengan menjalankan RAM LPDDR4X 16 GB, dua UFS drive 128 GB, gigabit WiFi 802.11ad, gigabit LTE, serta sebuah power management controller. Hal itu memberi gambaran tentang spesifikasi untuk laptop yang menjalankan chip. Qualcomm telah menyusup ke bidang PC x86 dengan cukup jelas.

Baca juga:

Akhir 2018, Qualcomm Siap Produksi Chipset 7 nm

Snapdragon 1000 diyakini sebagai prosesor laptop yang cukup kuat dan bakal bersaing langsung dengan prosesor Intel Core tipe Y dan U. Adapun Intel Core tipe tersebut masing-masing beroperasi dengan daya 4,5 watt dan 15 watt, serta selama ini digunakan di berbagai tablet dan ultrabook. Snapdragon 1000 bakal membutuhkan pasokan daya 6,5 watt untuk pengoperasian CPU dan bakal menarik daya 12 watt untuk pengoperasian seluruh bagian system on chip (SoC). Bicara dimensi, Snapdragon 1000 tampil lebih besar dari prosesor perangkat genggam, yakni pada 20x15 milimeter. Sebagai perbandingan, prosesor perangkat genggam terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 850, hanya berukuran 12x12 milimeter.

Baca juga:

Qualcomm Siapkan Snapdragon 850 untuk PC Berbasis Windows

Bagian desktop merupakan pekerjaan yang mengejutkan bagi Qualcomm dan para pengguna perangkat. Namun, para pengguna dengan mudah melihat Snapdragon 1000, atau chip serupa yang membuat kinerja menjadi Intel NUC masa depan. Proyek yang disebut Andromeda itu menepis beberapa isu lama dan kebocoran akan hadirnya kembali perangkat tablet bergaya layar lipat yang masih dalam pengembangan.

Baca juga:

Chipset Exynos Tak Lagi Eksklusif untuk Smartphone Samsung

Selain Microsoft, Asus tengah menguji perangkat dengan kodenama “Primus” yang menggunakan Snapdragon 1000.

SHARE:

MWC 2024, Nokia Rilis Ponsel Jadul Edisi Spesial Barbie

Bertenaga AI, Honor Magic 6 Pro Debut di MWC 2024