Bukan Tablet, Microsoft Persiapkan Snapdragon 1000 untuk Perangkat Ini

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Hubungan kuat Microsoft dengan Qualcomm mendorong adanya percepatan proses pengembangan chip Snapdragon untuk Windows 10 yang selama ini kukuh dipegang oleh Intel. Microsoft telah mempertimbangkan chipset Snapdragon 1000 untuk dipasang pada perangkat masa depan seperti AR, VR hingga PC desktop, bukan untuk tablet andalannya Surface. Pertimbangan itu membuat produsen Snapdragon, Qualcomm, sibuk menguji chip untuk beberapa perangkat tersebut.

Menurut laman WinFuture.de (23/06/2018), Qualcomm menguji Snapdragon 1000 dengan menjalankan RAM LPDDR4X 16 GB, dua UFS drive 128 GB, gigabit WiFi 802.11ad, gigabit LTE, serta sebuah power management controller. Hal itu memberi gambaran tentang spesifikasi untuk laptop yang menjalankan chip. Qualcomm telah menyusup ke bidang PC x86 dengan cukup jelas.

Baca juga:

Akhir 2018, Qualcomm Siap Produksi Chipset 7 nm

Snapdragon 1000 diyakini sebagai prosesor laptop yang cukup kuat dan bakal bersaing langsung dengan prosesor Intel Core tipe Y dan U. Adapun Intel Core tipe tersebut masing-masing beroperasi dengan daya 4,5 watt dan 15 watt, serta selama ini digunakan di berbagai tablet dan ultrabook. Snapdragon 1000 bakal membutuhkan pasokan daya 6,5 watt untuk pengoperasian CPU dan bakal menarik daya 12 watt untuk pengoperasian seluruh bagian system on chip (SoC).

Bicara dimensi, Snapdragon 1000 tampil lebih besar dari prosesor perangkat genggam, yakni pada 20×15 milimeter. Sebagai perbandingan, prosesor perangkat genggam terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 850, hanya berukuran 12×12 milimeter.

Baca juga:

Qualcomm Siapkan Snapdragon 850 untuk PC Berbasis Windows

Bagian desktop merupakan pekerjaan yang mengejutkan bagi Qualcomm dan para pengguna perangkat. Namun, para pengguna dengan mudah melihat Snapdragon 1000, atau chip serupa yang membuat kinerja menjadi Intel NUC masa depan.

Proyek yang disebut Andromeda itu menepis beberapa isu lama dan kebocoran akan hadirnya kembali perangkat tablet bergaya layar lipat yang masih dalam pengembangan.

Baca juga:

Chipset Exynos Tak Lagi Eksklusif untuk Smartphone Samsung

Selain Microsoft, Asus tengah menguji perangkat dengan kodenama “Primus” yang menggunakan Snapdragon 1000.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories