Technologue.id, Jakarta – Anda pastinya sudah paham bagaimana cara mengecek “nyawa” tersisa dari baterai laptop. Benar, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengarahkan pointer mouse ke ikon baterai di system tray di pojok kanan bawah layar. Saat pointer dalam keadaan hover itu, akan muncul pop-up berapa lama lagi daya laptop Anda akan habis.

Fitur ini sejatinya amat lazim di perangkat ber-Windows 10. Akan tetapi, sejumlah gadget memungkinkan mengalami eror hingga tak bisa menikmati kemudahan ini lagi. Sayangnya, belum bisa diketahui apa penyebabnya, walau ada kans hal ini disebabkan aktivitas macam overclocking CPU atau memasang aplikasi pihak ketiga untuk mengatur power output.

Baca juga:

Kunci Laptop Windows 10 Anda dari Jarak Jauh via Smartphone, Ini Caranya

- Advertisement -

Untuk memperbaiki estimasi waktu baterai yang hilang di Windows 10, Anda bisa meng-install update termutakhir Windows 10 atau, kalau Anda tak mau menunggu terlalu lama, langsung saja perbaiki registry-nya. Mengutip AddictiveTips.com (10/05/2018), begini caranya.

1. Buka registry Windows 10 dengan mengetik “regedit” di Run atau Windows Search.

2. Begitu window telah muncul, navigasilah lokasi berikut: “Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Power”.

Baca juga:

Cara Mengunduh Data Pribadi Anda di Instagram

3. Kemudian, carilah value bernama EnergyEstimationDisabled. Kalau ada, hapuslah value tersebut atau set value tersebut menjadi 0.

Cara Perbaiki Estimasi Daya Tahan Baterai di yang Hilang di Windows 10

4. Selanjutnya, pastikan value DWORD bernama EnergyEstimationEnabled ada di sana dengan value 1. Jika tidak ada, klik kanan folder Power di sebelah kiri, pilih New > DWORD (32-bit) Value. Namai value tersebut dengan EnergyEstimationEnabled dan set nilainya ke 1.

Baca juga:

Cara Log-out Akun Google dari Semua Perangkat dalam Satu Jentikan Jari

5. Estimasi daya baterai Anda seharusnya sudah muncul lagi. Restart perangkat Anda untuk menyempurnakan proses instalasi.