Technologue.id, Jakarta – Semakin maraknya dunia digital, semakin tinggi pula keinginan pemilik website untuk bisa menyematkan banyak iklan pada websitenya. Namun, Google punya cara sendiri untuk mengontrol hal tersebut dan tetap membuat pengguna nyaman ketika mengunjungi suatu website.

Mengutip dari TheVerge.com (05/11/2018), Google berencana untuk menyematkan sebuah fitur baru pada browser Chrome versi 71 yang segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. Fitur baru tersebut memungkinkan browser untuk mendeteksi website yang penuh iklan dan melakukan pemblokiran secara keseluruhan.

Baca juga:

Ikutan Tren, Streaming Game Bisa Langsung dari Google Chrome

Tak cuma memblokir website dengan iklan yang terlalu banyak, iklan yang mengganggu pun tak lagi bisa muncul, seperti munculnya kotak dialog palsu yang menunjukkan bahwa keadaan sistem sedang buruk atau website yang melakukan redirect secara otomatis ke website lain.

- Advertisement -

Baca juga:

Apple, Google, dan Puluhan Perusahaan Teknologi Dukung Transgender di AS

Soal pemblokiran tersebut sebenarnya bukan hal yang baru bagi Google dan browsernya. Sebelumnya, Google sempat merilis Chrome versi 68 pada bulan Juli 2018 lalu. Dan browser tersebut berhasil meminimalkan tab atau jendela yang terbuka secara otomatis pada saat mengunjungi website tertentu.

Baca juga:

Karyawan Google Sedunia Demo, Ada Apa?

Chrome 71 sendiri rencananya baru akan siap dirilis pada bulan Desember 2018 mendatang. Sebelum itu, Google akan memberikan kesempatan kepada pemilik website untuk bisa membuang iklan yang mengganggu sehingga mereka tak memblokir websitenya.