Technologue.id, Jakarta – Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone, jumlah konten digital mengalami pertumbuhan pesat. Namun saat pengguna sibuk membuat
konten, kerap kali mereka lupa untuk melindungi konten penting tersebut.

Menurut survei oleh lembaga riset independen DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp. berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, 67 persen orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaaan kesal.

Baca Juga:
microSD Sandisk 1 TB Mulai Dipasarkan, Berapa Harganya?

Beruntungnya, lebih dari 80 persen responden survey telah menyadari pentingnya melakukan backup data. Namun, hanya sepertiga dari mereka yang melakukan back-up secara teratur selama sebulan sekali.

“Yang jadi problem adalah mereka tahu backup data itu penting, tapi frekuensi melakukannya masih jarang. Sementara bisa tiba-tiba terjadi crash, ponselnya hilang, tercebur, dan sebagainya yang beresiko terhadap data-data yang ada di smartphone tersebut,” ujar Mamik S. Leonardo, Research Director DEKA, ketika memaparkan hasil Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, di GoWork, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Dari penuturannya, hanya 16 persen responden yang melakukan backup data rutin di bawah satu bulan sekali, selebihnya di atas satu bulan sekali. Bahkan 30 persen pengguna smartphone yang teringat backup pada lebih dari tiga bulan sekali.

“Dalam satu bulan kita tidak tahu apa yang terjadi pada smartphone kita. 80 persen pengguna smartphone masih less frequence,” tuturnya.

Baca Juga:
8 Jurus Melindungi Smartphone dari Tangan Jahil Hacker

Untuk membantu pengguna mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat, Western Digital menawarkan solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu
SanDisk Dual Drive (untuk Android) dan iXpand Flash Drives (untuk iOS).

Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, perusahaan produk penyimpanan juga memperkenalkan aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive.