Technologue.id, Jakarta – Facebook Inc. bertingkah aneh. Beberapa waktu lalu, mereka ngotot memberikan tiap platformnya fitur “Stories” mirip punya Snapchat. Tak cuma Instagram, WhatsApp, Messenger, hingga Facebook sendiri masing-masing memilikinya.

Namun, tiba-tiba perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg itu menghapus fitur Messenger Day alias “Stories” yang ada di aplikasi chatting Messenger. Mengutip GSMArena (14/11/17), sebagai gantinya, Facebook Inc. kini menyinkornisasi Stories untuk aplikasi Facebook dan Messenger.

Baca juga:

Transfer Uang Sekarang Bisa Pakai Facebook Messenger

Facebook Tiba-tiba Hapus Fitur "Stories" di Messenger, Ini Gantinya
Facebook sinkronisasikan Stories di aplikasi Facebook dan Messenger (source: GSMArena)

Ini artinya, kalau Anda mengunggah foto dan video di fitur status berumur 24 jam itu di Facebook, maka bakal terlihat juga konten yang sama di Messenger. Pun sebaliknya. Sementara jika Anda membuka Stories user lain di Facebook, maka di Messenger konten tersebut akan dianggap sudah dibuka. Berlaku pula sebaliknya.

Baca juga:

Ratusan Juta Akun Palsu Gentayangan di Facebook

Di satu sisi, langkah ini tentu memudahkan bagi user. Pasalnya, tak sedikit juga pengguna layanan-layanan milik Facebook Inc. yang kebingungan dengan adanya fitur Stories yang beragam di tiap platform tersebut. Selain itu, bagi Anda yang doyan memaksimalkan fitur ini, Anda tak perlu switch aplikasi untuk mengunggah konten yang sama di dua platform.

Akan tetapi di sisi lain, ini bisa jadi bukti betapa plin-plannya Facebook yang tampak begitu berambisi di awal saja. Sebagai gambaran, Messenger Day dihadirkan sejak Maret 2017 lalu. Aneh juga karena fitur ini disediakan tak sampai 10 bulan.

Baca juga:

Facebook Resmikan Fitur “Curian” dari Twitter

Kabarnya, Facebook ke depannya berminat pula untuk menghubungkan Stories di Instagram ke Facebook dan Messenger. Namun, belum bisa dipastikan kapan realisasinya. Kira-kira, akankah Facebook Inc. menyinkornisasikan fitur ini dengan WhatsApp Status juga?