First Squad, Cara First Media Dongkrak Kepuasan Pelanggannya

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Di bisnis jasa, salah satu ukuran kepuasan pelanggan adalah service level. Demi meningkatkan service level-nya, First Media menghadirkan First Squad, sebagai komitmen dalam menjaga konsistensi peningkatan layanan baik dalam produk maupun service kepada pelanggan.

First Squad mewakili semua jajaran fungsi di tubuh perusahaan penyedia layanan broadband internet dan TV berbayar tersebut, mulai dari customer service, teknisi, sales, strategist, dan manajemen. Marlo Budiman, CEO PT Link Net Tbk, mengatakan bahwa First Squad adalah tim yang dapat membantu konsumen maupun pelanggan dalam memberikan solusi terkait kualitas koneksi.

“Untuk memperkenalkan First Squad ini, kami ingin mengembalikan fungsi rumah menjadi tempat berkumpul yang hangat bagi keluarga. Caranya, dengan meningkatkan kualitas koneksi di dalam keluarga lewat solusi yang ditawarkan oleh First Squad,” tuturnya.

Baca juga:

Belajar di Ruangguru, Telkomsel Loop Sediakan Paket Kuota Rp25 Ribu Sebulan

Menurut Marlo, semua unit di perusahaan merupakan brand ambassador sejati. Oleh karena itu, semua individu yang ada di First Media harus mampu berkolaborasi memenuhi kebututuhan sekaligus melayani konsumen atau pelanggan.

Khusus di bidang customer service, First Media memanfaatkan digital sebagai kanal customer service-nya. Sebanyak 43 persen interaksi pelanggan adalah melalui platform digital. Contohnya, untuk pengecekan status billing, payment, jaringan First Media melalui website, aplikasi selfcare My FirsMedia, dan yang terbaru FIA Virtual Assistant atau chat via WhatsApp. Dengan ketersediaan beragam kanal komunikasi digital tersebut, tentu saja sangat membantu First Media customer service dalam mencapai 84 persen service level.

Baca juga:

MiFi M6, Modem Wi-Fi Terbaru Persembahan Smartfren

Penanganan setiap aduan yang masuk ke customer service diklaim bakal ditangani secara gesit. Pihak First Media mengklaim penyelesaian tiap masalah yang dialami pengguna bakal dituntaskan paling lama 12 jam.

“First Media adalah jaringan yang berbasis kabel. Jadi, problemnya kebanyakan terkait gangguan fisik seperti kabel putus atau ada gangguan galian bawah tanah. Jika fiber tertarik, maka bisa rusak. Berapa lama menyelesaikan kabel putus, biasanya 80 persen diselesaikan dalam waktu 12 jam. Berbeda bila gangguan karena pekerjaan galian tanah, kita harus nunggu sampai semua dibersihkan,” ungkap Edward Sanusi, Director of Operation PT Link Net Tbk, di sela-sela peluncuran First Squad, di Jakarta, Rabu (15/08/2018).

Baca juga:

23 Ribu Perangkat Android Hilang Atau Dicuri Setiap Bulan

Di samping peningkatan layanan pelanggan, sejumlah perluasan infrastruktur juga terus digenjot oleh First Media. Di antaranya, melalui peningkatan dan ekspansi jaringan ke kota-kota di mana layanan First Media sudah dapat dinikmati di lebih dari 2 juta homes passed, seperti di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Bandung, Medan, Batam, dan Bali.

Peningkatan inovasi produk juga tak luput dari misi perusahaan. Produk-produk terbaru yang bakal dirilis antara lain smart box X1 Prime, home automation, WiFi X-Tender dengan fitur plug & play, dan game package.

Dikatakan Desmond Poon, CTO and Product Director PT Link Net, game package akan diluncurkan akhir Agustus ini dan di-bundling dengan Wi-Fi router.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories