Technologue.id, Jakarta – Lonjakan trafik data juga turut dirasakan penyedia jasa operator 3 (Tri). Tahun ini peningkatan trafik di jaringan Tri mencapai hampir 90 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau hampir 11 persen dibandingkan hari biasa.

Lonjakan trafik data ini didominasi oleh pelanggan yang mengakses game yang tengah digandrungi saat ini, Mobile Legends. Peningkatan trafiknya mencapai presentase 91 persen. Disusul kemudian dengan penggunaan layanan WhatsApp dan YouTube.

Baca juga:

Libur Idulfitri Trafik Data XL Axiata Meroket Hingga 95%

Menurut Tri, lonjakan trafik data ini tidak berpengaruh pada kualitas layanan yang diberikan. Sebab kualitas layanan telah dioptimalkan di sepanjang jalur mudik di Jawa dan Sumatera. Meskipun terjadi lonjakan trafik, pelanggan diklaim tetap nyaman kala menikmati akses internet Tri.

- Advertisement -

Baca juga:

Telkomsel: Lebaran 2018, Traffic Data Naik 109% dari Tahun Lalu

Pengoptimalan layanan ini dilakukan dengan cara menambah kapasitas jaringan di 5.300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz. Total BTS Tri saat ini 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE.

Baca juga:

Penting! Ini Tips Agar Anda Tidak Menjadi Korban Tiket Palsu Piala Dunia 2018

“Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunkaan layanan kami selama mudik dan merayakan Idulfitri. Kami ucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan kepada solusi komunikasi kami, juga selamat berlibur dan kembali ke kota masing masing dengan selamat,” ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia.