Technologue.id, Jakarta – Momen mudik dan Lebaran memang menjadi saat yang paling tepat dimanfaatkan untuk berkumpul dan mempererat silaturahmi dengan keluarga. Namun bagi para penyedia jasa operator telekomunikasi, momen ini menjadi semacam ujian bagi layanan yang mereka selenggarakan.

XL Axiata menjadi salah satu operator telekomunikasi yang mengklaim telah sukses memberikan layanan secara maksimal selama libur Lebaran kepada para konsumennya.

Baca juga:

Telkomsel: Lebaran 2018, Traffic Data Naik 109% dari Tahun Lalu

Salah satu parameter kesuksesan ini ditandai dengan melonjaknya trafik data selama masa libur Lebaran. Menurut XL Axiata, lonjakan trafik ini menjadi gambaran dari kenyamanan pelanggan pada layanan yang diberikan oleh XL Axiata.

Menurut data yang diperoleh redaksi Technologue.id dari XL Axiata, sejak tanggal 8-17 Juni 2018 terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30 persen dibanding hari biasa, dan 95 persen dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45 persen.

Baca juga:

Lebih Cepat, XL Axiata Rampungkan Refarming 2,1 GHz

Trafik tertinggi didominasi oleh trafik data streaming (video dan musik) yang mencapai 47 persen. Menyusul kemudian penggunaan web browsing 16 persen, Instant Messaging 13 persen dan media sosial (medsos) 12 persen.

Baca juga:

Menkominfo Apresiasi Performa Operator Telco di Momen Lebaran 2018

“Puluhan juta pelanggan kami mengharapkan bisa menggunakan layanan XL Axiata secara maksimal. Jika itu bisa penuhi, maka dengan sendirinya trafik akan meningkat dan ini bagus secara bisnis. Kami bersyukur bisa memberikan layanan secara maksimal selama Lebaran ini, tanpa hambatan yang berarti,” tutur Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya.