Technologue.id, Jakarta – Ternyata, makin tinggi saja konsumsi data masyarakat saat periode Lebaran tahun ini, setidaknya di kalangan pelanggan Telkomsel. Ya, operator merah itu mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran 2018, yaitu 12,89 Petabyte, naik 22,3 persen dibandingkan hari biasa.

Yang lebih menarik lagi, lonjakan traffic data tahun ini ternyata melebihi Lebaran tahun lalu. Bahkan, kenaikannya mencapai 109 persen!

Baca juga:

Menkominfo Apresiasi Performa Operator Telco di Momen Lebaran 2018

Dalam penjelasannya pada redaksi (17/06/2018), daerah dengan kenaikan layanan data tertinggi ada di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, serta Bali dan Nusa Tenggara. Volume di kawasan tersebut berada di titik tertinggi secara nasional, tepatnya di angka 3,77 Petabyte.

- Advertisement -

Baca juga:

Telkomsel Siap Pasok Ratusan BTS untuk Asian Games 2018

Kalau dibedah lagi, kuota pelanggan Telkomsel selama Idulfitri 2018 ini ternyata paling banyak tersalurkan untuk penggunaan media sosial (33,7 persen). Aktivitas itu lantas diikuti oleh video streaming (31,3 persen), yang meningkat konsumsinya karena momen libur Lebaran 2018 ini bertepatan pula dengan Piala Dunia 2018 sehingga masyarakat pun melakukan live streaming pertandingan gelaran akbar itu, dan layanan pesan instan (14,1 persen).

Baca juga:

Telkomsel Bawa Seluruh Pertandingan Piala Dunia 2018 dalam Genggaman

Secara keseluruhan, Telkomsel mengaku tidak menemui hambatan berarti dalam melayani pelanggannya. Menkominfo, Rudiantara, pun juga telah menyampaikan apresiasinya atas kinerja para operator telekomunikasi di saat mudik Lebaran tahun ini.

“Kami bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadan hingga puncak Lebaran. Kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman,” tutur Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan.