Technologue.id, Jakarta – Garmin Indonesia resmi mengumumkan peluncuran DescentMk1, komputer selam dengan desain berbentuk jam tangan yang menawarkan navigasi GPS permukaan dengan pemetaan yang kaya warna.

Dirancang untuk penyelam bebas, teknis, dan rekreasi, Descent Mk1 memungkinkan penyelam untuk merencanakan petualangan di bawah air langsung dari jam tangannya dengan menggunakan GPS waypoint untuk otomatis menandai titik mulai dan titik keluar menyelam.

Baca juga: 

Smartwatch Ini Bisa Beroperasi Tanpa Baterai

“Descent Mk1 dibuat oleh penyelam, untuk penyelam, dan kami sangat senang bahwa semangat kami menciptakan pe-rangkat dengan kegunaan khusus, kini dapat mendukung semangat penjelajah bawah air,” kata Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director, Garmin South Asia.

Descent Mk1 juga menawarkan beberapa mode selam, kompas 3 sumbu, data dalam penyelaman, dan juga fungsi multi-sport seperti pengukur denyut jantung melalui pergelangan tangan, profil aktivitas, dan unggahan catatan penyelaman secara otomatis melalui aplikasi Garmin Connect Mobile ke komunitas penyelam online Garmin.

Dibuat dari material premium, komputer selam Descent Mk1 akan tersedia dalam bezel stainless-steel dengan tali jam tangan silikon.

Descent MK1 memiliki kaca jam tangan cembung dari safir agar tahan gores, dan layar warna 1,2 inci resolusi tinggi yang terang dengan LED backlighting, sehingga memastikannya bisa dibaca dalam segala kondisi penerangan, di atas maupun di dalam air.

Dengan ketahanan selam hingga 100 meter kubik (EN13319), Descent Mk1 memiliki masa aktif baterai hingga 36 jam dalam mode selam, 18 hari dalam mode jam tangan, 10 hari dalam mode ponsel pintar, 20 jam dalam mode aktivitas GPS/HR, dan hingga 28 jam dalam mode UltraTrac.

Begitu penyelam mulai menyelam, perangkat ini akan otomatis memulai hitungan selam dan ketika penyelam naik ke permukaan, hitungan selamnya otomatis berhenti.

Baca juga: 

Smartwatch Modular Tag Heuer Kini Lebih Murah, Tapi Speknya Lebih Tinggi

Descent Mk1 otomatis mengunggah catatan penyelaman ke Garmin Connect melalui WiFi dengan ponsel pintar yang dipasangkan untuk analisis pasca-selam. Penyelam dapat memberi nama penyelamannya, dan melihatnya kembali dalam aplikasi untuk mengkaji data penyelaman seperti jenis penyelaman, suhu, titik masuk dan titik keluar, serta banyak lagi.

Smartwatch ini memungkinkan pengguna menerima dan melihat SMS, email, dan notifikasi pintar langsung dari jam tangan apabila terintegrasi dengan ponsel pintar.

Baca juga: 

Apple Watch Jadi Smartwatch Terlaris di 2017

Descent Mk1 saat ini tersedia dengan harga ritel yang disarankan Rp17.099.000 dan tersedia di 5 lokasi toko Urban Republic: Mall Kelapa Gading, Senayan City, Summarecon Mall Serpong, Kota Kasablanka, Pondok Indah Mall, serta rekan belanja online di dinomarket.com, blibli.com, dan erafone.com.