Geger Persyaratan SM ITB Ada Saldo Rp100 juta di Rekening Orang Tua

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Jalur Seleksi Mandiri (SM) Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah menjadi sorotan di media sosial. Biaya uang masuk ditambah adanya lampiran bukti saldo rekening wali atau orang tua calon mahasiswa disebut harus memiliki saldo di rekening bank minimal Rp100 juta.

Salah satu akun yang membahas adalah @Mudirans. Akun Twitter ini menyebut bila uang pangkal mahasiswa baru jalur SM ITB Rp25 juta dan SBM Rp40 juta. Pada screen shot web itb.ac.id juga disebutkan bila sebagai jaminan, mesti ada bukti saldo dalam jumlah yang besar.

Calon mahasiswa bernama Muhamad Dwi Iranto ini mengaku kaget mengenai informasi tersebut. Pasalnya sebagai pendaftar di kampus favorit ini, Ia baru mengetahui ada peraturan Jaminan Kemampuan Keuangan lima hari sebelum penutupan pendaftaran.

Baca Juga:
Viral Nama Band Rock Italia ‘OvO’, Bikin Netizen Keliru

Technologue.id mengecek ke website resmi ITB, terkait proses penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri (SM), itb.ac.id.

Dalam laman itb.ac.id tertulis bahwa seluruh peserta Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 yang dinyatakan lulus di salah satu Fakultas/Sekolah/Program Studi di ITB, selain harus melunasi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) atau Uang Kuliah Tunggal (UKT), diwajibkan melunasi iuran Pengembangan Institusi.

Besaran IuranPengembangan Institusi tersebut minimum sebesar 2 kali UKT5 Jalur SNMPTN yang berlaku di Fakultas/Sekolah/Program Studi yang menerima peserta yang bersangkutan.

Dengan rincian, Fakultas/Sekolah selain SBM minimum Rp 25.000.000. Sementara Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) minimum Rp 40.000.000.

Pelunasan Iuran Pengembangan Institusi tersebut dilakukan hanya satu kali, pada saat pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2020.

Baca Juga:
Viral Kisah Pasangan Menikah Setelah DM ‘Assalamualaikum Mbak’

Setiap calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020 diwajibkan untuk menandatangani dan mengunggah Surat Pernyataan Kemampuan Pembayaran BPP/UKT Selama Masa Studi.

Format surat tersebut akan disampaikan bersamaan dengan pengumuman hasil Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) 2020.

Menurut @Mudirans sendiri, persyaratan harus mencantumkan rekening dengan minimum 100 juta sudah tidak ada, diganti dengan hanya menandatangani kesanggupan membayar saja.

“Tapi uang pangkal masih ada ya guys, cuma jaminannya aja yang gaada. Semangat!!!!”

- Advertisement -

Latest News

Related Stories