Technologue.id, Jakarta – Kalau Anda masih ingat, tahun lalu wearable gadget mendadak populer. Vendor seperti Xiaomi dan Fitbit pun menikmati larisnya produk fitness band mereka. Puncaknya, versi Canalys, terjadi di kuartal terakhir 2016. Menurut mereka, ada lebih dari 15 juta unit gelang pintar yang laku secara global.

Akan tetapi di tiga bulan pertama 2017 ini, fenomenanya berbanding terbalik. Penjualan basic band turun 7 persen menjadi sekitar 9 jutaan unit saja. Xiaomi dan Fitbit yang tercatat sebagai pemimpin bisnis ini mengalami penurunan penjualan di bnyak negara.

Penjualan wearable band secara global dalam setahun terakhir (source: Canalys)

Apa penyebabnya? Dari analisis Canalys, hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh mulai diminatinya smartwatch. Dengan fungsi yang lebih banyak, alias tak cuma terbatas pada urusan kesehatan, jam pintar seperti Apple Watch kini mulai populer. Tak tanggung-tanggung, pangsa pasar smartwatch di bisnis wearable gadget pada Q1 2017 sudah mencapai 40 persen.

“Fitur anti-air, streaming musik via Bluetooth, dan GPS bawaan di smartwatch makin membuat pelari dan pencinta olahraga melupakan smartphone,” jelas analis Canalys, Jason Low, dalam pernyataan resmi mereka (11/05/17). Masih menurutnya, fenomena peralihan dari basic band ke smartwatch ini mirip ketika masyarakat bermigrasi dari penggunaan ponsel ke smartphone.

Apple Watch sendiri adalah wearable gadget terpopuler sedari Januari sampai Maret 2017, dengan penjualan 3,8 juta unit. Jumlah itu naik 77 persen dari tahun lalu. Di sisi lain, Fitbit mengalami penurunan performa sebesar 30 persen di pasaran dan cuma mampu menjual 2,9 juta unit wearable saja.

 

Baca juga:

Ingin Punya Apple Watch Tapi Budget Terbatas? Coba Lihat Produk ini

Apple Watch Generasi Ketiga Bakal Punya Konektivitas LTE

Smartwatch Pertama untuk Medis Diresmikan, Ini Gunanya