“GoJek Swadaya” Permudah Segala Urusan Keuangan Driver

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan transportasi online, Go-Jek Indonesia, menawarkan program khusus bagi para mitra driver agar mereka bisa memenuhi kebutuhan operasional demi hidup lebih baik dan terrencana. Program yang dinamai Go-Jek Swadaya ini, disusun berdasarkan input dari kebutuhan atau tantangan utama dalam menjalankan tugas driver sehari-hari.

Menurut Nila Marita, Chief Corporate Affairs Go-Jek Indonesia, program ini merupakan respons jalan keluar dari apa yang selama ini para mitra rasakan. Program Go-Jek Swadaya fokus dikembangkan pada tiga pilar, yaitu “Ringankan”, “Lindungi”, dan “Perencanaan keuangan”.

Baca juga:

Gandeng Telkomsel, Go-Jek Hadirkan Paket Spesial untuk Mitra Pengemudinya

Pilar pertama memberikan kemudahan agar mitra bisa menghemat biaya operasional sehari-hari, terutama biaya pulsa. Go-Jek berupaya mengakomodasi hal ini dengan menggandeng operator atau telco provider agar driver bisa beli paket data lebih murah. Sejauh ini, operator yang sudah diajak bekerjasama adalah Telkomsel dan Indosat Ooredoo.

Bukan hanya dari paket data saja, Go-Jek juga memudahkan mitra driver dari sisi biaya maintenance atau perawatan kendaraan. Startup berbasis teknologi dengan status “unicorn” ini bekerja sama dengan bengkel Shop and Drive untuk menangani service rutin dan ganti oli.

Baca juga:

Driver Go-Jek Ini Bisa Nonton Piala Dunia 2018 Langsung di Rusia

Selanjutnya, pilar kedua adalah “Lindungi”, atau proteksi untuk mengakomodasi risiko kecelakaan di jalan. Saat ini, Go-Jek memercayakan perusahaan asuransi Allianz untuk menangani asuransi kesehatan tidak hanya seorang driver saja, tapi juga istri dan anaknya. Asuransi jiwa ini melindungi driver di segala kondisi meski sedang tidak mengambil order.

“Driver akan terlindungi asuransi tidak hanya saat on-trip tapi juga ketika off-trip,” ujar Nila, saat mengumumkan kehadiran Program Go-Jek Swadaya, di Hotel Atlit, Jakarta, Selasa (31/07/2018).

Selain jiwa raga, Go-Jek juga memberikan perlindungan terhadap barang pribadi mereka, seperti motor dan smartphone, melalui jasa asuransi PasarPolis. Bila hilang, pengemudi Go-Jek bisa melakukan klaim, selanjutnya bakal diganti oleh pihak terkait. Untuk jaminan hari tua, para driver bakal mendapat manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:

Go-Jek Resmi Ekspansi ke Vietnam dan Thailand Pakai Nama “Samaran” Ini

Pilar terakhir, yaitu perencanaan keuangan bagi mitra yang ingin mempunyai rencana keuangan jangka panjang seperti memiliki rumah atau pergi haji. Go-Jek memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan menggandeng instansi perbankan. Misalkan, driver ingin memiliki hunian dengan mengajukan program cicilan, maka nanti pihak Go-Jek dan Bank BTN bakal memberikan cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema pembayaran harian. Besaran cicilan pun sangat murah, hanya Rp48.000 sehari. Sudah ada 400 mitra pengemudi yang telah serah terima kunci lewat cicilan KPR Bank BTN.

Sementara bila mereka ingin menabung buat dana pendidikan anak, tersedia akses kemudahan menabung hanya Rp15.000 sehari. Pembayaran premi dan cicilan bisa dilakukan perhari atau perbulan yang diambil dari saldo pada aplikasi.

Bagi mitra driver, mereka bisa mendapat benefit semua itu melalui akun di aplikasi Go-Jek khusus driver. Tinggal memilih section Swadaya. Lalu pilih layanan keuangan (untuk proteksi dan program cicilan) atau diskon (untuk biaya pulsa dan maintenance).

Baca juga:

Go-Jek Kembali Selenggarakan Go-Points Go-Lucky Berhadiah Menggiurkan

Dalam kesempatan yang sama, Jaka Wiradisuria, Vice President Driver Community Go-Jek, menjelaskan bahwa penerapan layanan jasa keuangan memang masih belum bisa menjangkau mitra pengemudi yang kini berjumlah lebih dari 1 juta orang, gabungan dari Go-Ride dan Go-Car. Untuk mendapatkan promosi jasa keuangan ini memang dibutuhkan kesinambungan pendapatan.

“KPR dan tabungan ini belum bisa kami share terlalu detail. Tapi mekanismenya kurang lebih sama yaitu penarikan harian atau bulanan dideduksi untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh mitra perbankan,” kata Jaka.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan variasi produk agar para mitra pengemudi bisa menggenjot pendapatan lebih maksimal guna mencukupi kebutuhannya.

Latest News

Update Terbaru Honkai Impact 3rd, Bakal Ada Rank Battlesuit Baru

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact yang kian populer saat ini, mungkin banyak yang lupa sama game action 3D miHoYo, Honkai Impact 3....

Resep Makanan Paling Berguna di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Game Genshin Impact kini semakin populer. Dalam game ini, ternyata ada fitur memasak untuk menambah stamina karakter.

Buntut Bayar Pajak, Harga Aplikasi di Apple App Store Naik

Technologue.id, Jakarta - Apple akan mulai menaikkan harga pembelian aplikasi di App Store dalam beberapa hari kedepan. Kenaikan akan terjadi di sejumlah...

Dell Luncurkan XPS 15 dan XPS 17, Layar Lebih Lapang

Technologue.id, Jakarta - Dell Technologies memperbarui varian laptop terbaik mereka, XPS 15 dan 17, di Indonesia. Kedua laptop ini hadir dengan kinerja...

Twitter Keok, Pengguna Tidak Bisa Log In Akun

Technologue.id, Jakarta - Layanan Twitter sempat down atau tidak bisa diakses oleh para pengguna di sejumlah negara termasuk Indonesia, pada Rabu (28/10)...

Related Stories