Technologue.id, Jakarta – Daya tahan baterai saat ini kerap menjadi masalah yang serius bagi pengguna gadget Android, terlebih bagi yang sulit untuk melepaskan diri dari genggaman gadget. Namun, Google mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengutip dari TheVerge.com (09/11/2018), Google baru saja memamerkan hasil percobaan terbarunya soal konsumsi baterai pada ajang Android Dev Summit beberapa waktu lalu. Berdasarkan percobaan yang dilakukan tersebut, terlihat bahwa tingkat konsumsi baterai bisa berbeda-beda pada saat gadget menggunakan tema warna yang berbeda.

Baca juga:

Google Persembahkan Dua Fitur Baru untuk Android

Dari sekian banyak warna yang digunakan, putih adalah yang paling banyak menghabiskan daya baterai. Sementara warna hitam justru kebalikannya, paling irit untuk baterai. Pasalnya, ketika menampilkan warna gelap, bahkan benar-benar gelap, tidak semua piksel pada permukaan layar LCD yang harus menyala.

- Advertisement -

Baca juga:

Google Maps Kini Bisa Bagikan Perkiraan Waktu Tempuh

Google sendiri sudah memiliki sejumlah aplikasi yang dilengkapi dengan Dark Mode, beberapa di antaranya adalah YouTube, Android Messages, dan Google Feed. Namun saat ini, pengguna harus mengaktifkannya secara manual lantaran belum menjadi konfigurasi default.

Baca juga:

Pencipta Internet Desak Google dan Facebook Hargai Privasi Netizen

Dengan adanya hasil riset tersebut, bisa jadi Google ke depannya akan membuat Dark Mode menjadi sebuah konfigurasi default pada berbagai aplikasi agar bisa menghemat daya tahan baterai pada gadget Android. Atau, bisa jadi fitur baru tersebut akan tiba pada sistem operasi Android berikutnya.