Technologue.id, Jakarta – Segelintir pengguna smartphone mungkin merasa meng-update aplikasi di perangkatnya bukanlah hal penting. Sebab selain membutuhkan kuota atau koneksi internet untuk mengunduh versi terbaru dari aplikasi itu, user juga harus “berpuasa” sejenak karena aplikasi yang tengah diperbarui tak bisa digunakan sampai proses update tuntas.

Google tampaknya mengendus hal yang membikin pengguna kurang nyaman ini. Oleh karena itu, mereka pun mengenalkan API baru di Android yang memungkinkan user tetap menggunakan aplikasi walaupun aplikasi itu sedang di-update.

Baca juga:

Google Maps Kini Bisa Bagikan Perkiraan Waktu Tempuh

Melansir Engadget.com (07/11/2018), pengumuman ini diberikan di Summit Android Dev tahunan. API In-app Updates ini sayangnya belum diumumkan tanggal perilisannya. Untuk sementara, API ini cuma tersedia untuk developer Android yang menjadi mitra akses awal.

Kejutan dari Google tak sampai di sini saja. Mereka juga memastikan dukungan ke ponsel lipat. Nantinya, aplikasi dan interface dapat beradaptasi ke foldable smartphone, sehingga membuat peralihan dari mode normal ke mode lipat menjadi mulus.

Baca juga:

Karyawan Google Sedunia Demo, Ada Apa?

Contohnya, saat Anda melihat konten video dengan layar ponsel terlipat, begitu perangkat dibentangkan atau berada di mode tablet, maka video akan otomatis menyesuaikan ukurannya.

Baca juga:

Samsung Resmi Pamerkan Smartphone Lipatnya

Dukungan Google ini selaras dengan ambisi Samsung yang baru saja menyatakan hendak memproduksi smartphone lipat secara massal dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini juga menjadi pengembangan lanjutan dari fitur yang telah ada sebelumnya di Android, seperti split-screen dan pincture-in-picture mode.