Google Dituntut Para Mantan Pegawainya Gara-gara Ini

Google Dituntut Para Mantan Pegawainya Gara-gara Ini
Ilustrasi Google (source: webmarketingpros.com)

Technologue.id, Jakarta – Walaupun pernah menjadi bagian dari keluarga besar Google, sepertinya Plaintiffs Kelly Ellis, Holly Pease, dan Kelli Wisuri tidak bangga. Buktinya, mereka telah mengirimkan gugatan resmi kepada eks perusahaan tempat mereka mengabdi di pengadilan San Francisco, California.

Apa alasannya? Google dituntut karena telah melakukan diskriminasi gender. Mereka mengeluhkan gaji dan kesempatan promosi para wanita yang bekerja di raksasa internet itu tak setara dengan Googlers pria.

Baca juga:

Bulan Depan Google Pixel 2 Lahir, Tanggalnya?

Saat masih di Google, Ellis pernah mengalami hal ini. Kendati ia sudah punya pengalaman selama empat tahun di backend software engineering, ketika diterima di Google ia hanya ditempatkan di Level 3 Software Engineering yang setara lulusan universitas.

Tuntutan ini Ellis buat karena selain merasa dirinya layak dikategorikan ke Level 4 sebagai coder yang lebih berpengalaman, rekan kerjanya yang baru masuk tak mendapatkan perlakuan yang sama. Mereka justru ditempatkan di Level 4 yang secara gaji nominalnya lebih tinggi, padahal pengalaman mereka sama atau bahkan lebih rendah dari Ellis.

Di satu contoh inilah Google dinilai merendahkan wanita.

Baca juga:

Murah Meriah, Ini Spesifikasi dan Harga Nokia 3 di Indonesia!

Melansir TheRegister (15/09/17), Senior Manager of Corporate Communications Google, Gina Scigliano, merespons bahwa tudingan itu salah. Menurutnya, penentuan level pekerjaan dan promosi di Google dilakukan dengan sangat hati-hati, termasuk memastikan agar tidak ada bias gender di keputusan tersebut.

Baca juga:

Bagaimana Performa Apple iPhone X?

Tuntutan ini diharapkan bisa menghapuskan bias gender, terlebih di perusahaan sebesar Google. Untuk dampak yang lebih besar, pelaku di industri teknologi ditarget tak mengulang kesalahan yang sama.