Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Permudah Streaming Podcast Melalui Google Penelusuran
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google telah mengumumkan perubahan baru yang akan mempermudah streaming podcast melalui Google Penelusuran, termasuk Apple Podcasts dan platform lainnya.

Perusahaan ini sebelumnya menghentikan fitur yang memungkinkan pengguna memutar podcast langsung dari hasil pencarian, namun sekarang mereka menghadirkan desain baru yang memberikan informasi tentang podcast dan tautan untuk mendengarkannya di platform lain.

Perubahan ini telah diluncurkan secara bertahap, memberikan kemudahan bagi pengguna Google Penelusuran di Amerika Serikat. Namun, diharapkan fitur ini akan segera tersedia di pasar lainnya setelah dilakukan penilaian awal.

Baca Juga:
Upaya Google Chrome Bantu Hindari Kesalahan Ketik URL

Saat menggunakan istilah umum seperti "podcast anak-anak" atau "podcast film" pada perangkat iPhone atau iPad, pengguna akan melihat opsi "Dengarkan di Apple Podcasts" yang disediakan oleh Apple.

Saat menguji perubahan ini dengan mencari "podcast komedi", kami menemukan adanya kotak di dekat bagian atas hasil penelusuran yang menampilkan sejumlah judul populer.

Pengguna juga dapat memfilter hasil penelusuran dengan memilih kategori seperti "stand-up comedy" atau "TV", dan dapat mengeklik tombol filter untuk membatasi hasil podcast yang dapat ditemukan di Apple Podcasts, Spotify, atau Google Podcasts.

Pada iPhone yang kami uji dengan menggunakan pencarian Google melalui perangkat seluler, opsi filter untuk Google Podcasts terletak di sisi layar dan tidak termasuk dalam rangkaian filter pertama.

Setelah mengklik salah satu acara, pengguna akan diarahkan ke halaman detail yang menampilkan deskripsi dan informasi lebih lanjut tentang program tersebut, termasuk frekuensi dan durasi rata-rata episode, serta daftar episode terbaru.

Baca Juga:
Banyak Yang Tidak Tau Artinya, Google Akan Ubah Ikon Gembok di Chrome

Di halaman ini, pengguna dapat memilih opsi "Dengarkan sekarang di Apple Podcasts" yang akan langsung membuka aplikasi Apple Podcasts dan memutar acara tersebut, berkat adanya tautan yang disediakan.

Bukan hanya Apple yang akan mendapatkan manfaat dari perubahan ini, Spotify juga turut mendapatkan fitur serupa. Untuk melihat opsi podcast dari Google Podcasts, pengguna harus mengklik tombol "All Listening Options" yang menampilkan lebih banyak pilihan.

Spotify mengklaim bahwa fitur ini telah tersedia dalam aplikasinya selama lebih dari satu tahun, namun Apple mengonfirmasi bahwa fitur yang dijelaskan di atas adalah fitur baru yang diperkenalkan pada Podcast Apple.

Perubahan ini mungkin sudah dikenal oleh sebagian pengguna, mengingat adanya peluncuran bertahap. Dalam banyak kasus, beberapa pengguna akan melihat perubahan ini sebelum pengguna lainnya.

Apple menyatakan bahwa pembaruan ini adalah tanggapan terhadap fakta bahwa pengguna tidak ingin mendengarkan podcast secara online, melainkan lebih memilih menggunakan aplikasi pilihan mereka sendiri.

SHARE:

Pemilik Wuling Cortez Curhat di Instagram, Mobilnya Banyak Masalah

Kominfo Minta Bantuan ITU untuk Percepatan Satelit CAKRA-1