Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Google Umumkan Kebijakan Penghapusan Akun Baru untuk Aplikasi Android
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google, perusahaan teknologi terkemuka dunia, mengumumkan kebijakan penghapusan akun baru untuk aplikasi Android pada.

Kebijakan baru ini berarti bahwa setiap aplikasi yang menawarkan pembuatan akun baru juga harus menyertakan cara yang mudah untuk menghapus akun tersebut.

Google akan mulai menegakkan kebijakan ini pada awal tahun depan. Langkah ini mengikuti kebijakan serupa yang diterapkan oleh Apple pada 30 Juni 2022 untuk aplikasi di App Store.

Baca Juga:
Google Luncurkan Aplikasi Nearby Share Beta Untuk Windows

Kebijakan Baru Google

Menurut perusahaan, pengembang aplikasi harus memberikan opsi untuk menghapus akun dan data dari dalam aplikasi dan online. Fitur tersebut harus mudah ditemukan oleh pengguna.

Kebijakan baru ini juga mengharuskan pengembang untuk menghapus data pengguna dari server mereka saat penghapusan akun. Jika pengembang perlu menyimpan data pengguna untuk alasan tertentu, mereka harus menentukannya dalam aplikasi.

Perusahaan akan memberikan masa tenggang yang diperpanjang hingga 31 Mei 2024 bagi pengembang yang mungkin membutuhkan waktu untuk mengimplementasikan kebijakan ini. Namun, mereka harus mengajukannya secara eksplisit melalui konsol Google Play.

Baca Juga:
Google Bakal Luncurkan Peringatan Panas Ekstrem Baru di Hasil Penelusuran

Mengapa Kebijakan ini Penting?

Kebijakan baru Google ini bertujuan untuk memberikan kendali yang lebih besar pada pengguna terhadap data mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, kekhawatiran tentang privasi data telah meningkat pesat, dan perusahaan teknologi besar seperti Google dan Apple mulai memberikan perhatian lebih besar pada keamanan data dan privasi pengguna.

Sebelumnya, pengguna sering kesulitan untuk menghapus akun mereka karena beberapa aplikasi tidak memiliki opsi untuk menghapus akun, atau opsi tersebut sangat sulit untuk ditemukan.

Namun, dengan kebijakan baru ini, pengguna akan dapat dengan mudah menghapus akun dan data mereka tanpa kesulitan yang berarti.

Baca Juga:
Google Meluncurkan Fitur Baru Untuk Memverifikasi Informasi di Pencarian

Kesimpulan

Dengan kebijakan baru ini, Google memperlihatkan perhatiannya terhadap privasi data pengguna.

Kebijakan ini memberikan kendali lebih besar pada pengguna atas data mereka dan memudahkan pengguna untuk menghapus akun dan data mereka.

Pengembang aplikasi Android harus mengikuti kebijakan baru ini dan memberikan opsi penghapusan akun dan data yang mudah diakses oleh pengguna.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya