Technologue.id, Jakarta – Banderol resmi Redmi Note 8 cukup menyita perhatian. Pasalnya, smartphone Quad camera ini justru dilego dengan harga yang lebih murah ketimbang seri pendahulunya yang meluncur kurang lebih tujuh bulan lalu.

Sebagai perbandingan, Xiaomi Indonesia menjual Redmi Note 7 dengan harga mulai dari Rp 1,999,000 untuk varian RAM 3GB/32GB, Rp 2,599,000 untuk varian RAM 4GB/64GB, dan Rp 2,999,000 untuk varian RAM 6GB/128GB, saat diluncurkan bulan Maret 2019.

Baca Juga:
Xiaomi Jor-joran Upgrade Kamera Redmi Note 8

Sementara harga ‘Perkenalan’ Redmi Note 8 berkisar mulai dari Rp 1,999,000 untuk varian RAM 3GB/32GB, Rp 2,199,000 untuk varian RAM 4GB/64GB, dan Rp 2,799,000 untuk varian RAM 6GB/128GB. Bilapun dijual dengan harga normal, akan ada kenaikan sebesar Rp 100,000 saja.

Saat ada update seri terbaru meluncur, biasanya harganya akan lebih mahal dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini dinilai wajar mengingat pasti ada peningkatan spesifikasi yang lebih mumpuni. Namun langkah berbeda ditunjukkan oleh produsen ponsel asal Tiongkok itu. Harga Redmi Note 8 justru di bawah harga pasaran Harga Redmi Note 7.

Mengapa demikian?

Baca Juga:
Bos Baru Xiaomi Ungkap Strategi untuk Mi Fans

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, menuturkan kendati Redmi Note 8 Series mengusung spesifikasi yang lebih tinggi ketimbang model sebelumnya, namun mereka tetap ingin memasang harga terbaik.

“Harga ini akan super competitive. Bisa kita lihat dari sebelumnya dua kamera ke empat camera, Corning Gorilla Glass 5, Type-C, dan upgrade lainnya sehingga seharusnya harganya lebih mahal. Namun di satu sisi, kita tahu bahwa Xiaomi represent cinta dari Mi Fans sehingga kami tidak ingin mengecewakan mereka,” ungkap Alvin.

Ia menjelaskan, mereka bekerja sama dengan para partner untuk memberikan harga terjangkau bagi penggemar setia produk Xiaomi. Dalam strategi marketing ini, pihak Xiaomi sendiri tak menampik bahwa ada keraguan dari rekanan untuk menekan harga jual.

“Terkadang tidak mudah bagi kami untuk mematok harga sangat murah. Karena beberapa rekanan menelepon saya di malam hari menanyakan ‘bagaimana margin saya?,” ungkapnya seraya tertawa.

Penjualan Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro baru akan dimulai pekan depan. Tepatnya, Redmi Note 8 akan mulai dijual online pada 23 Oktober dan Redmi Note 8 Pro mulai tanggal 29 Oktober.