Technologue.id, Jakarta – Honor kembali menelurkan smartphone jagoan di range harga Rp2-3 jutaan. Penerus Honor 9 Lite ini resmi masuk pasar smartphone Tanah Air dengan mengusung sejumlah peningkatan hardware meski masih mempertahankan gaya lama.

Tampilan depan Honor 9i (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Desain Honor 9i tetap menampilkan layar berponi atau notch. Bagian belakangnya tampil seperti kaca karena bisa memantulkan objek di hadapannya.

Baca juga:

Honor Juga Siapkan Smartphone 5G, Kapan Rilisnya?

Layar Honor 9i disokong oleh panel IPS LCD berbentang 5,84 inci dengan aspek rasio 19:9. Resolusinya yakni 1080 x 2160 piksel atau FHD+. Tampilan antarmuka Honor 9i telah mendukung EMUI 8.0 berbasis Android 8.0 Oreo.

- Advertisement -

Uniknya saat sesi video sebelum launching, pihak Honor menampilkan video singkat yang memperlihatkan smartphone ini bisa direbus, dibekukan, ditumis, bahkan dijadikan palu. Namun smartphone itu masih bisa dioperasikan. Sebagai ponsel terjangkau, ketahanan Honor 9i bisa diacungi jempol.

Honor 9i (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Untuk performanya Honor menyematkan chipset bikinan Huawei yaitu Kirin 659 berinti octa-core, sama seperti pendahulunya. Pemrosesannya mampu berjalan pada kecepatan 2,36 Ghz yang dikolaborasikan dengan GPU Mali-T830 MP2. Sementara konfigurasi RAM dan ROM-nya berkapasitas RAM 3GB/32GB atau RAM 4GB/64GB. Ada pula baterai dengan kapasitas 3.000 mAh untuk menunjang pengoperasiannya.

Baca juga:

Huawei Hadirkan Smartphone Gaming, Honor Play

Randy Martin, Chief Experience Officer Honor 9i, menjanjikan akan tersedia GPU Turbo System dalam waktu dekat melalui update Over-The-Air (OTA).

“Dengan GPU Turbo, pengguna bisa main game tanpa terganggu lag dan overheat. Main game lama juga tidak masalah,” kata Randy, di sela-sela peluncuran Honor 9i, di Jakarta (18/09/2918).

Kebutuhan fotografi di Honor 9i disokong oleh dua kamera belakang beresolusi 13 megapixel dan 2 megapixel untuk memotret objek dan pemandangan. Sementara itu, ada kamera tunggal di bagian depan untuk keperluan swafoto dengan kekuatan 16MP. Fasilitas pendukung yang ada di fitur kamera antara lain Phase Detection Auto Focus, 3D Beauty Effect, Low-light Photography, Face Value, hingga Smart Portrait.

Fitur lain yang dimiliki oleh smartphone ini berupa sensor pemindai sidik jari dan sensor pengenal wajah (face unlock). Itu bisa digunakan untuk mengamankan smartphone selain dengan PIN, patttern atau password.

Di Indonesia, Honor 9i tersedia dengan tiga pilihan warna yaitu Midnight Black, Sapphire Blue, dan Robin Egg Blue. James Yang, President of Honor Indonesia, mengatakan, meski tak mengikuti tren gradasi seperti kebanyakan smartphone saat ini, namun Honor 9i varian Robin Egg Blue membawa perpaduan warna baru antara biru dan putih.

Baca juga:

Honor Janjikan Smartphone Lebih Powerful Ketimbang Honor Play

Soal harga, Honor 9i varian RAM 3GB dan ROM 32GB dibanderol Rp2,599 juta. Sementara untuk Honor 9i varian RAM 4GB dan ROM 64GB dipatok Rp3,099 juta.

Mulai 20 September nanti, Honor 9i dibanderol lebih murah, yakni Rp2,399 juta, hasil kolaborasi Honor dengan platform e-commerce Shopee.

Sejak Maret 2018, Honor kerap mempercayakan penjualan unit smartphone-nya melalui Shopee. Chris Feng, CEO Shopee, mengungkap bahwa respon konsumen terhadap produk Honor sangat besar. Hal ini terbukti dari hasil penjualan yang selalu ludes dalam waktu sebentar.

“Respons konsumen sangat bagus. Lebih dari 1.000 ponsel Honor sold out dalam 10 menit. Saya harap penjualan Honor 9i akan lebih baik dari sebelumnya,” ujar Chris dalam kesempatan acara yang sama.