Technologue.id, Jakarta – Huawei telah resmi mengumumkan Mate 10 dan Mate 10 Pro. Kedua smartphone tersebut dibuat untuk para pengila smartphone canggih yang membutuhan baterai mumpuni dan kamera dengan hasil foto mengesankan. Kendati sangat mirip, namun kedua smartphone tersebut memiliki beberapa perbedaan, yuk simak apa saja.

Baca juga:

Huawei Mate 10 Pro Usung Layar Bezel-less, Mate 10 Masih Berdesain Jadul

Desain dan Layar

- Advertisement -

Desain belakang smartphone sama-sama menggunakan kaca dan strip ciri khas. Perbedaan kedua smartphone tersebut terletak pada ukuran dan rasio layar. Mate 10 Pro memiliki layar berukuran 6 inci dengan rasio layar 18:9 yang banyak digunakan smartphone canggih. Sementara Mate 10 yang ukuran layarnya 5,9 inci masih mempertahankan proporsi klasik 16:9.

Ini berarti Mate 10 Pro memiliki layar yang lebih tinggi namun lebih ramping. Sehingga lebih pas digenggaman. Tetapi jika digunakan untuk menonton video YouTube, bagian hitam di bagian samping akan lebih besar.

Baca juga:

Begini Bocoran Desain Huawei Mate 10 Pro, Mirip Flagship Mana ya?

Dari segi resolusi Mate 10 justru lebih padat dan tajam ketimbang Mate 10 Pro. Namun Mate 10 Pro menggunakan OLED yang menampilkan gambar dengan kontras lebih besar ketimbang Mate 10 yang hanya memakai LCD. Posisi sensor sidik jari Mate 10 terletak di bawah layar, sementara Mate 10 Pro meletakkannya di punggung smartphone.

Demi menjadi smartphone yang tahan air dan debu, Mate 10 Pro menyingkirkan fitur jack headphone 3,5 mm. Sementara Mate 10 tidak tahan air, tetapi masih mempertahankan jack tersebut.

Baca juga:

Lepas Teaser Mate 10, Ponsel Mewah Huawei Mulai Membosankan?

Konfigurasi Memori

Kedua smartphone menggunakan chipset Kirin 970 yang mendukung fitur neural processing unit (NPU). Namun ternyata pilihan konfigurasi memorinya berbeda. Mate 10 dibekali RAM 4 GB, media penyimpanan internal 64 GB dan tersedia slot micro SD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Sementara Mate Pro 10 hadir dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan berkapasitas 128 GB tetapi tidak tersedia slot microSD.