Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
IBM Dorong Transformasi Digital Melalui Hybrid Cloud hingga Teknologi AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - IBM, salah satu perusahaan teknologi untuk enterprise menggelar Think Experience & Tech Summit 2023 di Jakarta pada 10 Agustus 2023.

Event ini diselenggarakan guna menunjukkan insight, inovasi serta service dari IBM yang mempercepat akselerasi digitalisasi di Indonesia.

Baca Juga:
Kolaborasi GoTo dan Pijar Foundation Kembangkan Talenta Digital

Tidak dipungkiri teknologi berperan dalam pertumbuhan ekonomi, produktivitas, efisiensi, serta mendukung Indonesia Maju yang dicanangkan pemerintah.

Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia mengungkapkan, IBM sebagai leading company bisa membantu perusahaan maupun pemerintah dalam mewujudkan digitalisasi maupun menyokong Indonesia sebagai negara maju pada 2045.

"Kami melihat, IBM sebagai leading company, membantu pemerintah dalam mewujudkan visi tersebut (Indonesia Maju di 2045)," kata Roy.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi saat ini didorong salah satunya oleh e-commerce, termasuk layanan transportasi online hingga food delivery service.

"Digital economies ini menjadi sangat penting. Bagaimana mendukung transformasi digital tersebut. Pentingnya pemakaian AI," ujarnya.

Ia mengatakan, AI (Kecerdasan Buatan) berevolusi dan bukan dimulai dari ChatGPT. AI atau machine learning mulai dipakai 15-20 tahun lalu.

"Kalau 15 tahun lalu sudah diterapkan oleh IBM untuk cyber security. Sekarang sudah lebih maju. Ini sudah bisa meng-generate dari kebiasaan yang kita lakukan, tidak hanya historical," terangnya.

Oleh karena IBM telah menggunakan machine learning ini sejak belasan tahun lalu, pengembangan terkini dari AI bahkan membuatnya bisa memberikan hasil secara lebih akurat.

"Saya coba meng-encourage pimpinan di Indonesia. Sebagai salah satu tujuan kita untuk mendukung presiden kita, negara maju dengan teknologi digital," tuturnya.

Teknologi AI juga membantu dalam mengolah data yang besar, sehingga mampu memberikan hasil atau rekomendasi secara akurat untuk para pengambil keputusan. Peningkatan pada teknologi ini juga memungkinkan sistem untuk mampu memeriksa keabsahan dan meminimalisir kesalahan.

"Pemakaian AI membantu kelancaran perusahaan, kita akan encourage ke sana," katanya.

Tidak hanya memiliki teknologi yang canggih terkait machine learning, IBM juga melihat pentingnya security. Security yang dimiliki pada layanan IBM juga menjaga layanan vital maupun operasional perusahaan, termasuk Bank hingga BUMN dari serangan siber.

Baca Juga:
Samsung Tingkatkan Kemampuan Kamera Galaxy S24 Ultra

Selain itu, perusahaan juga mendorong Sumber Daya Manusia (SDM), melahirkan talenta muda terkait dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI melalui IBM Academy yang digelar tahun ini di Batam.

"Kita harus bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat untuk membangun program-program, talenta digital tersebut," pungkasnya.

SHARE:

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat

Aman Bagi Anak, MatePad SE 11 Kids Edition Punya Blue Light Filter