Technologue.id, Jakarta – Dulu, sangat sedikit sekali startup yang bisa menyandang status unicorn, alias berharga lebih dari 1 miliar USD (sekitar Rp13,5 triliun). Namun dengan perekonomian yang makin meningkat dan laju pelaku di industri teknologi yang juga meroket, daftar startup unicorn global terus terisi.

Nah, di tahun 2017, setidaknya ada tiga perusahaan teknologi dan digital yang sudah berubah statusnya menjadi unicorn. Perlu Anda ketahui, salah satunya berasal dari Indonesia, lho!

Baca juga:

Januari 2018, Tren Sensor Smartphone Bersidik Jari dalam Layar Tiba

- Advertisement -

Ini 3 Startup Terkenal yang Berhasil Jadi Unicorn di Tahun 2017

1. Reddit
Forum online yang didirikan di tahun 2005 ini akhirnya mencapai valuasi senilai 1,8 miliar USD (setara Rp24 triliun). Melansir BusinessInsider.com (30/12/2017), capaian ini tak lepas dari dukungan investor ternama, di antaranya Y Combinator dan Sequoia Capital.

Website yang melabeli dirinya sebagai “halaman pertama internet” ini berisi netizen yang doyan berbagi foto, artikel, video, hingga mendiskusikan banyak hal. Sayangnya, di tahun 2014 lalu, pemerintah bersama mayoritas ISP Indonesia memblokir Reddit karena dinilai mengandung konten pornografi di dalamnya.

Baca juga:

Indonesia Pasar Potensial untuk Industri Edutech

Ini 3 Startup Terkenal yang Berhasil Jadi Unicorn di Tahun 2017

2. Quora
Hampir mirip dengan Reddit, tetapi Quora punya karakteristik tersendiri. Situs ini murni berbasis tanya-jawab yang semuanya dilakukan oleh anggota komunitas globalnya, mirip Yahoo! Answers, kalau Anda masih ingat.

Startup ini diinisiasi 2009 lalu dan situsnya mulai bisa diakses untuk publik setahun berselang. Kini, platform yang dibuat oleh Adam D’Angelo bersama Charlie Cheever itu berhasil menembus nilai 1,7 miliar USD (Rp23 triliun).

Baca juga:

Uber Akhirnya Jual Bisnis Gagalnya

Ini 3 Startup Terkenal yang Berhasil Jadi Unicorn di Tahun 2017

3. Bukalapak
Setelah Go-Jek, Tokopedia, dan Traveloka, Indonesia punya unicorn baru juga. Adalah e-commerce Achmad Zaky yang menyusul tiga “kuda terbang” itu di tahun ini.

Namun, belum bisa diketahui secara pasti berapa nominal dari valuasi Bukalapak saat ini. Saat coba dikonfirmasi oleh redaksi November lalu pun mereka memilih untuk bungkam. Adapun sejumlah investor Bukalapak sejauh ini, yakni 500 Startup, QueensBridge, dan EMTEK.

Prediksi Anda, akankah lebih banyak startup Tanah Air yang menjadi unicorn?