Technologue.id, Jakarta – Semester kedua 2018 pasar smartphone akan kian meriah karena hadirnya rentetan produk high-profile dari pemain lama. Ada iPhone X (2018), Galaxy Note 9, Pixel 3, LG V40 (smartphone pertama dengan lima kamera sekaligus), dan lainnya.

Sesuai tradisi tahun-tahun sebelumnya, Apple biasanya menggelar acara tahunan pada September untuk merilis model iPhone baru, sementara peluncuran Google Pixel berlangsung pada bulan Oktober. Namun, Samsung bersiap mendahului launching event keduanya, dengan menetapkan kemunculan resmi Galaxy Note 9 di acara ‘Unpacked’ pada 9 Agustus di New York. Berbeda dari ketiga calon ponsel tersebut, LG V40 masih belum menetapkan hari peluncuran karena masih berada dalam putaran rumor. Dari Apple iPhone X (2018), Samsung Galaxy Note 9, Google Pixel 3 dan LG V40, mari kita lihat agenda peluncuran besar yang akan datang, beserta spesifikasinya:

Baca juga:

iPhone 2019 Akan Warisi Kelebihan iPhone X, yang Mana?

Apple iPhone X (2018) pada bulan September: Spesifikasi dan fitur
Apple diprediksi akan meluncurkan tiga model iPhone X tahun ini, dua di antaranya akan mengadopsi layar OLED berukuran 6,5 inci dan 5,8 inci. Sementara versi iPhone X yang lebih terjangkau, bakal mengusung layar LCD 6,1 inci. Sama seperti iPhone X reguler, iPhone X (2018) layar OLED juga menganut display bezel-less, desain kaca belakang, dan fitur FaceID. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga datang dengan teknologi pra-5G. Sedangkan varian LCD akan menjadi model yang paling terjangkau dari ketiganya, bakal memiliki desain belakang metal seperti pada seri iPhone 7.

- Advertisement -

Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, mengklaim versi termurah dari iPhone X akan menampilkan display yang lebih kuat berkat proses Cover Glass Sensor (CGS), meskipun sebagai gantinya, Apple bisa saja menghilangkan fitur 3D Touch.

Menurut laporan Forbes.com (01/07/2018), iPhone X (2018) layar OLED 6,5 inci, akan dibekali dengan konfigurasi kamera tiga-belakang vertikal, meski tidak menutup kemungkinan teknologi ini baru bisa datang pada 2019.

iPhone X (2018) pun bakal tiba dengan kapasitas baterai yang lebih besar, jika dibandingkan dengan iPhone X generasi sebelumnya. Menurut Kuo, model iPhone X 5,8 inci bisa datang dengan kapasitas baterai antara 2,900mAh dan 3,000mAH. Sementara kapasitas baterai keseluruhan dalam model LCD 6,1 inci juga diperkirakan mengalami peningkatan.

Dalam hal harga, Kuo memperkirakan model iPhone LCD 6,1 inci dengan harga mulai dari US$600 (Rp8,4 jutaan) hingga US$700 (Rp9,8 jutaan). Dan, iPhone X OLED 5,8 inci diperkirakan mulai dari US$800 (Rp11,2 jutaan), sementara iPhone X inci OLED 6,5 inci bisa dibandrol mendekati US$900 (Rp12,6 jutaan) hingga US$1.000 (Rp14 jutaan).

Baca juga:

Samsung Galaxy Note 9 Rilis 9 Agustus? Bocorannya?

Samsung Galaxy Note 9 pada 9 Agustus: Spesifikasi dan fitur
Samsung telah mengkonfirmasi acara ‘Unpacked’ pada 9 Agustus di New York, di mana raksasa Korea Selatan itu diperkirakan akan meluncurkan Galaxy Note 9. Perangkat Note generasi mendatang akan menampilkan panel depan yang sama yang kita lihat di Galaxy Note 8, meskipun cover belakang bisa didesain ulang. Ponsel ini dikabarkan akan datang dengan layar Infinity Always-On yang sedikit lebih besar, 6,4 inci dengan rasio aspek 18,5: 9. Kamera belakang ganda akan sejajar secara horizontal, dengan sensor sidik jari di bawahnya.

Galaxy Note 9 akan didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845 ditambah dengan RAM 6GB dan penyimpanan 256GB. Note 9 juga memiliki varian lain yaitu model RAM 8GB + 512GB. Sebelumnya, ponsel ini diisukan akan memiliki sensor sidik jari di layar, namun bisa saja perusahaan tetap akan mempertahankan pemindai sidik jari fisik. Baterai tetap menjadi salah satu fitur utama pada seri Note, dan Galaxy Note 9 dapat mengemas baterai yang lebih besar 4.000 mAh dibandingkan dengan baterai 3.300mAh pada varian sebelumnya.

Samsung Galaxy Note 9 akan datang dengan kamera belakang 12MP ganda dengan aperture variabel, seperti seri Galaxy S9. Tentu saja, beberapa peningkatan bakal dinanti, salah satunya di S-Pen. Peningkatan fitur S-Pen kini telah mendukung Bluetooth dan mikrofon untuk menghadiri panggilan dan kontrol suara.

Baca juga:

Fitur Google Pixel 3 Bocor Lagi, Kali Ini Apa?

Google Pixel 3, Pixel 3 XL pada bulan Oktober: Spesifikasi dan fitur
Smartphone Google Pixel biasanya diumumkan pada bulan Oktober. Jadi, kemungkinan besar Pixel 3 dan Pixel 3 XL akan debut tiga bulan lagi. Google Pixel 3 mempertahankan desain yang sama seperti Pixel 2, yang berarti ponsel ini tidak akan memiliki layar atau lekukan edge-to-edge. Ukuran layar bisa 5,3 inci. Di sisi lain, Google Pixel 3 XL memiliki layar lebih bongsor hingga 6,2 inchi.

Kedua smartphone ini akan didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 845. Namun, kapasitas baterai telepon belum diketahui. Baik Pixel 3 maupun Pixel 3 XL tidak akan mendukung jack headphone 3.5mm.

Tak seperti ponsel masa kini, Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL masih mengandalkan satu kamera belakang, dengan beberapa tweak perangkat lunak. Namun, ponsel ini memiliki kamera depan ganda untuk keperluan selfie.

Seperti isu yang beredar, seri Pixel 3 akan memiliki port USB tipe-C di bagian bawah. Sistem operasi yang digunakan tentu saja adalah OS Android P terbaru.

Baca juga:

Anti-mainstream, LG V40 Usung 5 Kamera?

LG V40 dengan lima kamera: Spesifikasi dan fitur
Bukan satu atau dua, LG V40 justru membuat penasaran pecinta gadget karena rumor memiliki hingga total lima buah kamera sekaligus. Tiga kamera akan berada di belakang, sedangkan dua unit bertengger di depan (front-facing). Kamera yang menghadap ke depan akan bertugas untuk fitur penguncian wajah (face unlock). Kedua kamera tersebut akan dibenamkan solusi pemetaan wajah 3D.

Sedangkan bagian belakang, dua dari sensor kamera akan memiliki lensa ultra-wide andalan perusahaan. Sedangkan fungsi kamera ketiga masih menjadi sedikit misteri. Entah akan menjadi lensa zooming, atau hanya satu yang didedikasikan untuk kedalaman ruang (depth of field/DOF). Fitur DOF bertujuan menghasilkan variasi ketajaman/fokus pada foto yang dihasilkan. LG V40 akan menjadi smartphone pertama yang menjejalkan paling banyak sensor dalam satu perangkat.

Sayangnya, belum banyak informasi yang bisa digali tentang LG V40. Sedikit informasi, smartphone ini disinyalir lahir dengan ukuran layaknya G7 ThinQ serta menggunakan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 845. LG V40 sendiri diperkirakan akan diperkenalkan sekitar akhir musim panas atau awal musim gugur. Maka diasumsikan handset baru tersebut akan muncul pada ajang IFA 2018 pada 31 Agustus, yang merupakan saat yang sama dengan V30 dahulu diperkenalkan.