Technologue.id, Jakarta – Mudik dan Lebaran menjadi salah dua momen krusial bagi para penyedia jasa operator telekomunikasi untuk memberikan layanan terbaiknya. Sebab lalu lintas komunikasi akan sangat padat pada momen tersebut. Seperti XL Axiata yang melaporkan bahwa trafik data layanan mereka meningkat hingga menembus presentase 95 persen.

Lonjakan trafik ini salah satunya disebabkan oleh banyaknya pelanggan yang mengirimkan ucapan ramadan dan Lebaran pada momen tersebut. Layanan instant messaging dan VoIP menjadi layanan favorit konsumen sebagai pengganti layanan SMS dan telepon.

Baca juga:

Libur Idulfitri Trafik Data XL Axiata Meroket Hingga 95%

Meningkatnya angka trafik data ini nyatanya juga berpengaruh pada presentase penggunaan aplikasi selama momen mudik dan Lebaran. Apa saja aplikasi yang banyak digunakan selama momen Lebaran ini?

- Advertisement -

Menurut data yang diperoleh redaksi Technologue.id dari XL Axiata, penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55 persen, Google Duo 20 persen, Hangout 16 persen, dan Whatsapp 15 persen.

Baca juga:

Menkominfo Apresiasi Performa Operator Telco di Momen Lebaran 2018

Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Maps, yaitu masing-masing 55 persen dan 135 persen. Wajar memang, mengingat kedua aplikasi ini begitu diandalkan dalam kegiatan mudik tahun ini.

Baca juga:

Telkomsel: Lebaran 2018, Traffic Data Naik 109% dari Tahun Lalu

Sejak memasuki momen mudik dan Lebaran pada tanggal 8-17 Juni 2018, terjadi lonjakan trafik data layanan operator XL Axiata hingga sekitar 30 persen dibanding hari biasa, dan 95 persen dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk trafik layanan 4G, bahkan naik hingga menyentuh angka 45 persen.