Technologue.id, Jakarta – Sudah dimulai sejak Desember 2017, pemenang Telkom Hackathon 2018 akhirnya keluar juga. Kompetisi pengembangan aplikasi bisnis digital yang menggunakan platform digital touch point dari Telkom bernama xsight ini menahbiskan GiFood dari Yogyakarta sebagai juara pertama sekaligus peraih gelar The Best General Category App.

GiFood secara garis besar menawarkan solusi berupa menghubungkan pemilik makanan berlebih dengan mereka yang membutuhkan makanan. Startup yang sudah menyisihkan ratusan peserta ini juga mengajak volunteer untuk bahu-membahu membagikan makanan yang berhasil mereka dapat ke sasaran yang tepat. Dari klaim yang dilontarkan di media sosialnya, GiFood sudah menyalurkan lebih dari 5.000 porsi makanan berlebih selama 2017.

Baca juga:

Inovasi Baru, Ini Komitmen Go-Food Untuk Para UKM

Grand Final Telkom Hackathon 2018 yang diselenggarakan di Bandung pada Minggu (25/02/2018) juga memilih Sorella (solusi di bidang keamanan dengan 3 fitur utama yaitu panic button, chatbot sorella, dan sorella group notify) sebagai juara kedua. Sedangkan pemenang di kategori yang lebih spesifik, yakni Best E-Commerce App, Best FinTech App, dan Best Logistic App adalah Tukang Dagang (Bandung), Digital Koperasi (Jakarta), dan HappyDeliv (Jakarta).

Baca juga:

Go-Jek Stop Terima Kucuran Dana dari Investor Lokal dan Asing, Kenapa?

Kepada redaksi, perwakilan Telkom mengabarkan kalau pemenang juara pertama dan kedua mendapat kesempatan untuk melaksanakan studi banding ke dua perusahaan digital dunia, yaitu Liferay di Sydney dan Cellum di Budapest, serta uang tunai sebesar Rp 10 juta. Selain itu, masing-masing aplikasi terbaik setiap kategori berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai total Rp45 juta.

Baca juga:

BTN Mortgtech Hackathon Siap Digelar, Ini Jadwal dan Daftar Kotanya

“Pengembangan ekosistem digital, termasuk penyelenggaraan Telkom Hackathon ini merupakan wujud komitmen Telkom untuk memajukan entrepreneur digital bangsa sekaligus mendukung cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” jelas Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun (26/02/2018).