Technologue.id, Jakarta – Chipset flagship Huawei, Kirin 970 sebentar lagi akan tergantikan oleh generasi berikutnya, yakni Kirin 980. Sebelum disematkan pada smartphone Huawei di masa mendatang, spesifikasi dari Kirin 980 kini sudah bocor.

Mengutip dari GSMArena.com (23/07/2018), ada beberapa sumber dari Tiongkok yang berhasil membocorkan spesifikasi chipset Kirin 980. Dari situ, terlihat kalau chipset octa-core tersebut akan dilengkapi dengan dua buah prosesor quad-core pada cluster yang berbeda.

Baca juga:

Belum Tutup Tahun, Huawei Sudah Jual 100 Juta Unit Ponsel

Untuk Kirin 980, Huawei menggunakan prosesor Cortex-A77 dan Cortex-A55 yang masing-masing memiliki empat inti prosesor. Sementara untuk konfigurasi clock speed-nya, keduanya berada pada kecepatan 2,8 GHz. Cortex-A77 sendiri nantinya akan bekerja pada saat smartphone membutuhkan kinerja tambahan, sementara Cortex-A55 beroperasi ketika beban kerja sedang rendah.

Baca juga:

3 Juta Unit Huawei Honor 10 Laris Terjual, Seperti Apa Speknya?

Sebagai chipset masa depan bagi Huawei, Kirin 980 akan diproduksi oleh TSMC dengan teknologi FinFET 7nm. Belum jelas apakah nantinya chipset tersebut bakal mengadopsi cip AI seperti rumor yang sudah berhembus sebelumnya. Jika benar, kemungkinan produk ini akan menjadi rival yang ketat bagi Qualcomm di masa mendatang.

Baca juga:

Inikah Rupa Huawei TalkBand B5?

Huawei juga belum membeberkan banyak soal kemampuan GPU yang dimiliki oleh Kirin 980. Namun diperkirakan, GPU yang ada di dalam chipset tersebut akan lebih cepat 1,5 kali dari Adreno 630 yang bakal disandingkan dengan Snapdragon 845 milik Qualcomm.