Technologue.id, Jakarta – Instagram Stories akhirnya mendapat pembaruan yang signifikan. Konten foto dan video yang mulanya hanya bisa dilihat hingga 24 jam pasca diunggah itu kini bisa Anda simpan dan bagikan ulang.

Dua fitur baru yang memungkinkan dilakukannya hal tersebut adalah Stories Archive dan Stories Highlights. Pembaruan ini memudahkan Anda para pengguna Instagram untuk menyimpan momen Stories favorit dan menyimpannya di profil Anda.

Baca juga:

Tak Butuh Aplikasi Lain, Regram Konten Instagram Bisa Langsung!

Jadi sekarang, setiap Anda menambahkan Stories ke fitur Archive, maka konten tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam Archive pribadi Anda, mirip seperti Archive untuk posting biasa. Archive untuk Stories ini dapat dibuka dari laman profil Anda, lalu klik ikon Stories Archive yang berada di barisan paling kiri (dekat display username Anda).

Instagram Stories Kini Bisa Disimpan dan Di-upload Ulang!
Stories Archive, fitur baru Instagram (source: Instagram)

Baca juga:

Sudah Tahu, Upload Instagram Stories Kini Bisa Tanpa Aplikasi?

Sementara itu, Stories Highlights memungkinkan Anda untuk mengelompokkan Stories yang pernah Anda bagikan sebelumnya dan meletakannya dalam profil. Anda dapat menambahkan highlight sebanyak yang Anda suka dari Archive dan highlights ini akan muncul dalam bentuk scroll bar horizontal di atas grid foto Anda.

Dalam penerapannya, misalnya, Stories Archive bisa membantu Anda untuk tidak perlu susah-susah mengunggah konten yang sama setiap harinya, karena konten yang lalu masih bisa dipanggil dari Archive. Adapun Stories Highlight membantu Anda mengekspresikan diri dalam profil Instagram dengan lebih seru, mulai dari momen liburan atau kumpulan selfie sekalipun.

Baca juga:

Ada 1,37 Miliar Orang Buka Facebook Tiap Hari, Kalau Instagram?

Jika ingin mencobanya, pastikan aplikasi Instagram di perangkat iOS dan Android Anda sudah di-update ke versi 25.