iOS 11 Versi Final Siap Dirilis, Ini Fitur Barunya

iOS 11 (Sumber: GSMArena.com)
iOS 11 (Sumber: GSMArena.com)

Technologue.id, Jakarta – Setelah beberapa kali memasuki versi beta, iOS 11 akhirnya sudah memasuki tahap final dan siap untuk didistribusikan ke sejumlah perangkat Apple.

GSMArena (19/09/17) mengabarkan kalau untuk tahap awal ini, akan ada hampir 20 jenis perangkat Apple yang segera mendapatkan update sistem operasi tersebut.

Baca juga:

3 Kompetitor Berbahaya Moto G5s Plus di Indonesia

Bersamaan dengan itu, Apple juga sudah menyiapkan sejumlah fitur-fitur unggulan, seperti tampilan interface yang lebih segar, fitur Augmented Reality (AR) yang semakin baik, dan perbaikan pada aplikasi kamera.

Tak kalah ketinggalan, asisten digital buatan Apple, Siri juga ikut diperbaharui. Pada iOS 11, suara Siri akan jauh lebih natural. Hal yang tak kalah menariknya adalah, kemampuan Siri yang bisa menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Tiongkok, Perancis, Jerman, Italia atau Spanyol.

Baca juga:

Samsung Tak Mau Pakai Sensor Kamera Sony untuk Galaxy S9?

Format JPEG yang selama ini akrab di telinga, nantinya pun ikut diperbaharui pada iOS 11. Dengan aplikasi kamera terbaru, Apple akan mengubah hasil gambar dengan format JPEG ke HEIF. Format baru ini menjanjikan kualitas gambar yang lebih baik, namun dengan ukuran dua kali lebih kecil dari sebelumnya.

Baca juga:

“Inovasi Kini Datang dari Industri Otomotif, Bukan Gadget”

Selain hasil foto, Apple juga merombak format output video yang dihasilkan dari kamera. Dengan format bernama HEVC, kompresi video akan lebih baik hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Walaupun menggunakan format baru, Apple menjanjikan kalau nantinya video dan foto yang tersimpan tetap bisa dibuka pada platform lainnya tanpa ada kendala.