iPhone 12 Dilengkapi Sensor LiDAR, Ini Fungsinya

Technologue.id, Jakarta – iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max resmi meluncur. Apple menyematkan teknologi sensor LiDAR pada kameranya.

Nah, sebenarnya apa sih teknologi LiDAR itu? Dan apa fungsinya? Berikut jawabannya.

Dilansir dari Tech Radar pada Jumat (16/10/2020), LiDAR merupakan kepanjangan dari Light Detection And Ranging. Teknologi ini pertama kali dikenalkan di iPad Pro pada bulan Maret lalu.

Baca Juga:

Dukung Teknologi LiDAR iPhone 12 Pro, Snap Luncurkan Lens Studio 3.2


Sensor LiDAR dapat memindai jarak dan cahaya ke suatu objek lalu mengukurnya untuk dipantulkan kembali. Dengan hadirnya sensor ini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki kemampuan fitur Augmented Reality (AR) yang telah ditingkatkan.

AR ini memungkinkan untuk menempatkan item digital pada dunia nyata yang dapat dilihat melalui layar ponsel. Para pengguna nantinya dapat meletakkan beberapa furnitur digital di ruangan yang sedang dibangun sebelum mereka benar-benar membelinya.

Tapi, Apple mengatakan bahwa LiDAR juga dapat digunakan untuk meningkatkan fokus. Ini dapat mengurangi waktu fokus dalam lingkungan cahaya rendah hingga 6x lipat, yang berarti bidikan potret dalam cahaya rendah juga akan menjadi lebih baik.

Baca Juga:

Jajaran iPhone 12 Resmi Meluncur


iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sendiri hadir dengan dukungan kamera utama 12 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera telefoto 12MP, dan kamera depan 12MP. Keduanya menggunakan prosesor A14 Bionic dan layar OLED Super Retina XDR.

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memiliki varian memori mulai dari 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Untuk warnanya, tersedia dalam empat pilihan, antara lain Graphite, Silver, Gold, dan Pacific Blue.

Terkait harga, iPhone 12 Pro dibandrol mulai dari US$ 999 atau Rp 14 jutaan, dan iPhone 12 Pro Max mulai dari US$ 1099 atau Rp 16 jutaan.

Latest News

Another Eden X Persona 5 Royal, Kolaborasi Bagian Kedua Bakal Hadir Bulan November

Technologue.id, Jakarta - Pada bulan Desember tahun lalu, RPG mobile populer, Another Eden, bikin event gabungan dengan Atlus 'Persona 5. Hari Minggu (25/10)...

Vivo Ubah Nama Funtouch OS Menjadi Origin OS

Technologue.id, Jakarta - Vivo memiliki proyek in-house software baru yang disebut Origin OS. Origin OS ini akan menggantikan 'skin' dari sistem operasi...

Bisnis Hotel OYO Kunjung Membaik

Technologue.id, Jakarta - Jaringan hotel murah OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia, meski di tengah pandemi COVID-19.

Empat Karakter Terbaik di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact adalah game ARPG open world yang dibuat dan diterbitkan oleh miHoYo tanggal 28 September 2020. Game ini...

Sekarang Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung di Google

Technologue.id, Jakarta - Fitur bernama "Hum to search" baru saja diluncurkan Google. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari lagu dengan cara yang unik,...

Related Stories