Technologue.id, Makassar – Indosat Ooredoo telah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan trafik layanan di Ramadan dan Lebaran 2019. Operator telekomunikasi itu melakukan pengujian jaringan di 5 kota untuk unjuk gigi kualitas jaringan yang dimilikinya.

5 kota yang dipilih Indosat Ooredoo tersebut adalah Padang (Sumatera Barat), Solo (Jawa Tengah), Malang (Jawa Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Makassar (Sulawesi Selatan). Kelimanya disebutkan menjadi tempat tujuan mudik yang potensial punya tingkat kepadatan trafik komunikasi tertinggi.

Baca juga :

Indosat Ooredoo Prediksi Trafik Data Lebaran Capai 9,3TB

Pengujan jaringan digelar di berbagai titik yang diprediksi jadi pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran, diantaranya di alun-alun kota Malang, De Tjolomadu Solo, Jembatan Siti Nurbaya Padang, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin dan pantai Losari Makassar.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan uji terhadap kualitas sinyal serta kecepatan akses internet/data yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat di tiap-tiap lokasi.

Dalam kegiatan uji jaringan di 5 kota tersebut, diperoleh kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps.

Baca juga :

Indosat Ooredoo Kawal Jaringan Selama Pemilu 2019

Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps (Losari Makassar), 76,5 Mbps (Kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo), 62,7 Mbps (Kawasan Alun-Alun Malang), 89,7 Mbps (Kawasan Gunung Padang) dan 104,7 Mbps (Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin).

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 4,47% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5).

Baca Juga:

Telkomsel Jamin Kesiapan Jaringan saat Pemilu Presiden

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.