Technologue.id, Jakarta – Dari serangkaian notebook baru yang diluncurkan Lenovo, ThinkPad X1 Carbon Generasi Keenam menjadi produk andalan. ThinkPad X1 Carbon generasi keenam ini sudah mendapatkan sejumlah peningkatan dari segi performa, desain, fitur dan spesifikasi dibandingkan pendahulunya. Di tahun 2018 ini, Lenovo fokus dalam pembaruan desain dalam produk baru mereka agar lebih simpel dan ringkas.

“Di tahun 2018 ini, Kami mendesain docking sistem lebih minimalis, lebih kecil sehingga mudah digunakan. Awalnya, docking sistem berada di bawah. Kini kami taruh docking sistem di bagian samping khusus di lini X1 Series. Salah satunya X1 Carbon,” ungkap Commercial PCG Category Leader Lenovo Indonesia, Azis Wonosari saat dijumpai Technologue.id di sela acara peluncuran produk baru Lenovo di hotel Kempinski, Thamrin, Jakarta.

Side docking USB-C yang baru memberikan konektivitas yang mulus dan meningkatkan produktivitas dengan glance eye-tracking saat menavigasi konfigurasi multi-monitor. Anda juga bisa memilih solusi docking alternatif, termasuk USB-C dan Thunderbolt 3. Akses cepat ke remote resources, Input/Output berkecepatan tinggi, dan kemampuan dual 4K display, semuanya ketika baterai ThinkPad sedang di-charge dapat Anda nikmati di laptop ini.

Baca juga: 

Gandeng AMD, Lenovo Hadirkan Legion Y720 Tower

ThinkPad X1 Carbon generasi keenam merupakan laptop bisnis teringan di dunia dengan dimensi 323.5 mm x 217.1 mm x 15.95 mm dan bobot hanya 1.13 kg. Laptop berlayar 14 inci ini didukung teknologi HDR display. Lenovo menyediakan opsi FHD touch untuk mengubah laptop menjadi layar sentuh.

“Display ini lebih tipis dan jauh lebih terang dibandingkan HDR Display pada umumnya. Dengan begitu, tidak masalah jika dibawa ke outdoor karena layar mampu menyesuaikan cahaya di sekitar,” imbuh Azis.

Tak hanya desain, dari segi performa dan spesifikasi pun sudah dioptimalkan. Sokongan prosesor Intel generasi ke delapan, Intel Core i7-8650U sanggup memberikan performa maksimal. Dibenamkan RAM LPDDR3 berkapasitas 16 GB dan SSD OPAL2.0 PCIe-NVME sebesar 1 TB guna mendukung kinerja prosesor. Laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 15 jam. Didukung fitur Rapid Charge, proses pengisian daya hanya membutuhkan 1 jam untuk menambah 12 jam daya tahan baterai.

ThinkPad X1 Carbon dibekali kamera beresolusi HD 720p dengan teknologi ThinkShutter. Anda dapat men-slide ThinkShutter Camera Privacy jika tidak ingin menggunakan kameranya. Gawai ini dilengkapi oleh sistem operasi Windows 10 dan dukungan Windows Hello. Fitur fingerprint reader dan facial recognition ditunjang authentication sederhana dari Windows Hello dapat menghindari gawai ini dari tangan usil.

Baca juga: 

Ikuti Trend IT 2018, Lenovo Boyong Produk Consumer dan Enterprise ke Indonesia

Disamping itu, hadir pula Mikrofon Far Field Communication 360 derajat yang menjangkau jarak hingga 4 meter. Dengan begitu, tetap dapat menggunakan fitur perintah suara sambil tetap melakukan pekerjaannya. Sejumlah tes juga dijalani dalam pembuatan ThinkPad X1 Carbon Generasi Keenam ini.

Lenovo Thinkpad X1 Carbon disiram air (Technologue.id/Donnie Pratama Putra)

“Kami melakukan military test pada ThinkPad X1 Carbon dalam berbagai kondisi seperti panas, kering, dingin, basah dan lembab. Tes militer ini juga menjadi standar tes yang dilakukan di hampir semua produk Lenovo,” tutur Azis.

Baca juga: 

Lenovo: Industri Gaming di Indonesia Masih Menjanjikan

Dalam acara peluncuran produk baru tersebut, Lenovo menunjukan tes militer yang dilakukan pada ThinkPad X1 Carbon. ThinkPad X1 Carbon dibekukan dalam suhu tertentu menggunakan bongkahan es batu berukuran besar. Disamping itu, dilakukan pula tes ketahanan air pada laptop ini menggunakan pistol air. Kami tim Technologue.id mencoba sendiri menembakan pistol air ke arah laptop di dalam sebuah box, hasilnya laptop ini mampu menahan tekanan air.

Lenovo Thinkpad X1 Carbon dibekukan (Technologue.id/Donnie Pratama Putra)

Kami juga menyaksikan saat laptop tersebut dibekukan hingga acara berlangsung selama beberapa jam. Tim teknisi Lenovo menjelaskan bahwa ThinkPad X1 Carbon mampu menahan suhu dingin hingga minus 20 derajat. Bahkan laptop ini mampu menahan suhu panas dengan temperatur 40 derajat.