Technologue.id, Jakarta – Jet Commerce kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah sukses diselenggarakan di Semarang, kini lokakarya tersebut kembali dihadirkan di Surabaya.

Lokakarya ini menargetkan pelaku usaha yang belum pernah menyentuh teknologi digital untuk menjangkau pasar ekspor. Umumnya mereka menggunakan cara konvensional, sementara peluang ekspor lewat platform digital bisa dimanfaatkan.

“Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan pelabuhan Tanjung Perak merupakan pintu gerbang perdagangan untuk ekspor-impor maupun untuk lokal,” ujar Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.

Ia melanjutkan, “Kami melihat kota ini memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan dan hal ini harus diimbangi dengan adanya akses ke kumpulan pembeli potensial dari seluruh dunia.”

Baca Juga:
Jet Commerce Fasilitasi Pelaku Usaha Migrasi ke Bisnis E-commerce

Jet Commerce menyediakan program keanggotaan Global Gold Supplier (GGS) di Alibaba.com yang terdiri dari paket basic, standard, dan premium yang dapat disesuaikan dengan ukuran, industri, produk, dan kategori usaha. Anggota GGS akan mendapatkan pelayanan eksklusif yaitu bantuan konsultasi bisnis dari ahli, akses pada permintaan pembeli, dan tampil sebagai prioritas urutan lebih tinggi dibandingkan sebagai anggota gratis (IFM) di laman pertama Alibaba.com saat pembeli memasukkan kata kunci.

Selain itu, Jet Commerce juga membantu para pelaku usaha yang sudah menjadi anggota Alibaba.com untuk memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di situs e-commerce terbesar di China tersebut. Tak hanya itu saja, dalam lokakarya tersebut turut dibahas bagaimana mereka dapat meningkatkan eksposur produk, menemukan pembeli potensial, serta prosedur shipping.

Jet Commerce merupakan satu-satunya authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia yang memperoleh lisensi dari Alibaba.com untuk memberikan value-added service (VAS) kepada pemasok berupa layanan product posting dan minisite design.

Baca Juga:
Jet Commerce Pun Ketiban Durian Runtuh 11.11

Layanan product posting dihadirkan untuk mengoptimasi akun pemasok agar produk tampil teratas saat pencarian di Alibaba.com. Sementara untuk minisite design, Jet Commerce memberikan konsultasi mulai dari tahap awal pencarian ide, hasil akhir, hingga pemeliharaan minisite. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas pemasok melalui tampilan minisite yang menarik dan profesional.

Agar berhasil dalam menembus pasar internasional, diperlukan strategi menciptakan brand image yang terpercaya dan menjadi daya tarik pembeli potensial. Oleh karena itu, Jet Commerce terus berkomitmen melakukan persiapan dan pelatihan kepada pelaku usaha, termasuk UKM agar dapat menjadi pemain ulung dalam pasar internasional dan memberikan pengalaman berniaga yang mudah, aman, dan cepat kepada pembeli dari seluruh dunia.

Lokakarya ini secara bertahap akan merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia.