Technologue.id, Jakarta – Menyongsong era Internet-of-Things, makin beragam saja teknologi yang mengadopsi Artificial Inteligence (AI). Bulan ini, misalnya, ada Amazon Web Services yang bekerja sama dengan Intel yang meluncurkan DeepLens.

Kamera Wireless Berteknologi AI Pertama di Dunia Sudah Ada! Apa Hebatnya?
Kamera wireless dengan AI pertama, DeepLens (source: Intel)

Baca juga:

Resmi, Google Akuisisi HTC dengan Mahar Segini

Kepada redaksi (04/12/2017), Intel menjelaskan bahwa DeepLens adalah perangkat kamera video wireless pertama dengan deep learning-enabled. Dengan dukungan dari para developer dan tool khusus seperti Intel Speech Enabling Developer Kit, perangkat ini bisa melakukan banyak hal untuk mempermudah interaksi dengan user. Satu contohnya adalah kemampuan untuk mengontrol DeepLens dari jarak jauh karena bisa diintegrasikan dengan asisten virtual milik Amazon, Alexa.

- Advertisement -

Baca juga:

Ini Solusi Buat Sleep Apnea Setya Novanto

“Kami melihat adanya gelombang inovasi baru dalam smart home, dipicu dari kemajuan di kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin,” kata Miles Kingston, General Manager Smart Home Group Intel.

“DeepLens menunjukan kemampuan keseluruhan hardware dan software Intel untuk memberikan para developer perangkat yang kuat untuk menciptakan pengalaman baru, yang memberikan potensi tak terbatas untuk integrase perangkat smart home,” tambahnya.

Baca juga:

Microsoft Berhasil Ciptakan Sistem Artificial Intelligence Super Cepat

Sebagai gambaran, kinerja DeepLens ditopang oleh prosesor Intel Atom X5 dengan grafis embedded yang mendukung deteksi dan pengenalan objek. Ada juga software dan libraries deep learning bertenaga Intel (termasuk Intel Compute Library for Deep Neural Networks, Intel clDNN) untuk menjalankan model pencitraan komputer real-time secara langsung di dalam perangkat untuk mengurangi biaya dan respon real-time.

Perangkat ini dijanjikan bakal tersedia untuk konsumen luas tahun depan di Amazon.com. Minat?