Kantongi Izin QR, Doku Sajikan Pengalaman Nontunai di Kampus

Technologue.id, Jakarta – Payment enabler, Doku, telah resmi mendapatkan izin untuk pembayaran menggunakan QR dari Bank Indonesia. Berbekal leagalitas tersebut, startup fintech itu bakal memperluas inisiatif non-tunai bersama dengan mitra strategis, salah satunya adalah institusi pendidikan.

Richmond Aldien, Senior Vice President Consumer Product Doku, memaparkan lebih lanjut, “Kami sangat mengapresiasi dukungan Bank Indonesia yang telah memberikan izin pembayaran QR untuk e-Wallet kami, di mana fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan dalam peta pengembangan layanan Doku e-Wallet ke depan. Tidak hanya use case Doku e-Wallet yang semakin diperkaya dan dipermudah, namun dari sisi partnership banyak sekali inisiatif non-tunai yang dapat diimplementasikan bersama dengan mitra strategis Doku, salah satunya adalah institusi pendidikan.”

Baca juga:

Lewat Online, M-Tix Ingin Wujudkan Cashless Society

Sebagai salah satu pilar utama penentu kemajuan bangsa, institusi pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk dan mendidik generasi penerus bangsa. Oleh karena itu pada bulan Maret 2018 lalu Doku bersama dengan Universitas Prasetiya Mulya BSD, School of Applied STEM (Science Technology Engineering & Mathematics) menghadirkan pengalaman bertransaksi nontunai menggunakan metode scan QR. Tidak hanya pengalaman nyata, kedunya juga menggelar serangkaian program bersama berkelanjutan khususnya di ranah Fintech yang mencakup kegiatan guest lecturer, seminar, konferensi, workshop, penelitian dan pelatihan.

“Fintech Living Lab ini berfungsi sebagai wadah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan baik pada mahasiswa maupun perusahaan Fintech seperti Doku untuk melakukan penelitian maupun uji coba, menerapkan gagasan dan konsep baru di bidang Fintech,” komentar Richmond atau yang lebih akrab disapa Ricky.

Baca juga:

Pembayaran Cashless Masih Rendah, Apa Sebabnya?

Untuk tahap awal metode pembayaran QR, Doku akan menerapkan di ‘kita’ convenience store yang terletak di area kampus Universitas Prasetiya Mulya BSD. Pada tahapan selanjutnya, mereka akan memperluas jangkauan pembayaran QR di area sekitar kampus, seperti kantin dan juga untuk pembayaran formulir pendaftaran mahasiswa.

Baca juga:

Dorong Cashless Society, OVO Kembangkan Konsep Open Ecosystem

Transaksi nontunai menggunakan metode scan QR Doku terbilang mudah dilakukan. Pengguna DOKU e-Wallet cukup datang ke kasir untuk melakukan pembayaran, membuka fitur QR dalam aplikasi Doku dan melakukan scan QR pada perangkat kasir. Segera masukkan PIN dan transaksi pun selesai.

Latest News

Bisnis Hotel OYO Kunjung Membaik

Technologue.id, Jakarta - Jaringan hotel murah OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia, meski di tengah pandemi COVID-19.

Empat Karakter Terbaik di Game Genshin Impact

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact adalah game ARPG open world yang dibuat dan diterbitkan oleh miHoYo tanggal 28 September 2020. Game ini...

Sekarang Bisa Cari Lagu dengan Bersenandung di Google

Technologue.id, Jakarta - Fitur bernama "Hum to search" baru saja diluncurkan Google. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari lagu dengan cara yang unik,...

Punya Banyak Inovasi, Tokopedia iOS Diapresiasi Apple

Technologue.id, Jakarta - Agar bisa penuhi kebutuhan harian, Tokopedia, terus hadirkan deretan inovasi digital kepada masyarakat, termasuk untuk pengguna iOS.

Free Fire Red Bull Gold League Resmi Dimulai, Bakal Adu 18 Tim Terbaik

Technologue.id, Jakarta - Setelah sukses bikin turnamen Red Bull Gold Cup season 1 dan 2, Red Bull Gold kini bikin liga eSport...

Related Stories