Technologue.id, Jakarta – Usai dirilis dua hari lalu, tiga produk anyar besutan Apple jadi perbincangan hangat, salah satunya di Indonesia. Pertanyaan mendasarnya adalah kapan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max masuk Indonesia?

Djatmiko Wardoyo, Marketing and Communication Director PT Erajaya Swasembada, Tbk (Erajaya), tak bisa menjawab detail pertanyaan tersebut. Untuk informasi, Erajaya merupakan salah satu distributor resmi produk-produk Apple melalui gerai iBox.

Baca Juga:
Beli iPhone Sekarang Bisa Pakai Voucher MAP

“Saya tidak tahu persis, yang penting semua orang tahu tadi malam sudah launching global. Kita tunggu saja di Indonesia. Saya enggak bisa tahu pasti,” ujarnya usai mengisi acara peluncuran DJI Osmo Mobile 3 di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Pria yang akrab disapa Koko ini pun tak bisa memastikan apakah iPhone 11 series akan telat masuk pasar Indonesia atau tidak. Kata dia, itu semua tergantung dari principal Apple sendiri. Biasanya, principal telah memegang list negara-negara mana saja yang akan dimasuki.

Begitu pun soal harga. Koko enggan menjelaskan secara gamblang.

“Harga juga sudah diumumkan (saat launching), tapi saya belum tahu kalau di Indonesia,” pungkasnya.

“Hanya Apple dan Tuhan yang tahu,” ucapnya.

Baca Juga:
Apple Luncurkan iPad Terbaru Dibanderol Rp4 Jutaan

Sebagaimana diketahui, Apple membanderol harga iPhone terbarunya bervariasi.

Untuk iPhone 11 Pro dijual mulai US$ 999 atau Rp 14 juta. Sedangkan iPhone 11 Pro Max dibanderol mulai US$ 1.099 atau Rp 15,4 juta.

Meski begitu, iPhone terbaru belum ada yang resmi masuk pasar Indonesia. Namun biasanya, setelah resmi masuk ke negeri ini, harga itu bisa melambung