Lebaran 2018, Netizen Indonesia Sesaki 5 Aplikasi Ini

Technologue.id, Jakarta – Selama libur Lebaran dan Idulfitri 2018, masyarakat Tanah Air ternyata amat rajin menggunakan aplikasi-aplikasi favorit masing-masing di platformnya.

Banyak alasan mengapa aplikasi game, chatting, hingga streaming berikut ini jadi penuh sesak, misalnya, untuk mengisi waktu selama perjalanan mudik atau berkomunikasi dengan sanak saudara. Dari data yang dihimpun redaksi, tak cuma mall atau pusat perbelanjaan saja yang ramai saat momen Lebaran 2018, tetapi juga aplikasi-aplikasi ini.

Baca juga:

Libur Idulfitri Trafik Data XL Axiata Meroket Hingga 95%

1. YouTube
YouTube jadi rujukan hiburan favorit masyarakat kala mudik dan libur Lebaran, seperti pelanggan Telkomsel dan Smartfren. Menurut Telkomsel, traffic streaming aplikasi YouTube selama Lebaran mencapai kenaikan 24,2 persen.

2. Google Maps
XL Axiata merekam adanya kenaikan trafik yang signifikan pada akses ke layanan penunjuk rute jalan Google Maps. Aplikasi itu mengalami pelonjakan akses sebesar 135 persen. Selain Google Maps, Waze juga jadi aplikasi alternatif favorit pelanggan XL Axiata, dengan kenaikan traffic 55 persen.

Baca juga:

Sajikan Layanan Baru, Trafik Data Smartfren Melonjak Drastis Saat Musim Lebaran

3. Mobile Legends
Tri Indonesia merasakan adanya peningkatan lalu lintas data di jaringannya. Selain platform WhatsApp dan YouTube yang ramai diakses, lonjakan traffic data pun didominasi oleh pelanggan untuk mengakses game yang tengah digandrungi saat ini, Mobile Legends.

Game berjenis MOBA itu cukup populer di sini karena beberapa alasan, misalnya permainan yang praktis. Selain itu, Moonton selaku pengembang juga inovatif, dengan berkenan menghadirkan hero khas Indonesia Gatotkaca di samping tokoh-tokoh populer seperti Bruce Lee.

4. WhatsApp
Smartfren dan XL Axiata menjelaskan kalau ada peningkatan trafik data dari aplikasi chatting WhatsApp. Selain platform yang dimiliki Facebook Inc. itu, data dari XL menjelaskan kalau aplikasi chatting lain yang populer adalah Facebook Messenger, Google Duo, dan Hangouts.

Baca juga:

Telkomsel: Lebaran 2018, Traffic Data Naik 109% dari Tahun Lalu

5. Facebook
Dengan pengguna sebesar 2 miliar orang sedunia, Facebook terpantau pula mengalami kenaikan lalu lintas data selama Lebaran 2018 lalu. Kata Telkomsel, traffic-nya naik 13,3 persen. Selain Facebook, Instagram juga cukup sering diakses.

Recent Articles

Instagram Hadirkan Fitur Pinned Comments, Bisa Tandain Komen Si Tersayang

Technologue.id, Jakarta - Instagram baru saja meluncurkan fitur terbaru "Pinned Comments". Fitur ini memungkinkan pengguna menyematkan tiga komentar teratas di postingan mereka.

Bocoran Call of Duty Mobile Season 8

Technologue.id, Jakarta - Minggu ini adalah saat-saat terakhir Call of Duty Mobile Season 7. Season 8 ini jelas bikin para pemain Call...

Ini Deretan Aksesori dan Games yang Siap Digandeng dengan PlayStation 5

Technologue.id, Jakarta - Tak lama lagi, Sony PlayStation (PS) 5 akan segera dirilis. Sebelum dirilis, beberapa e-commerce di India justru sudah mempublikasikan...

Digelar Virtual, Samsung Galaxy Unpacked 2020 Siap Pajang Sederet Produk Primadona

Technolpgue.id, Jakarta - Samsung telah mengkonfirmasi bahwa gelaran Galaxy Unpacked akan berlangsung pada 5 Agustus mendatang. Seperti diketahui, pandemi virus Corona yang...

Data Denny Siregar Bocor, Telkomsel Lapor ke Polisi

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel akhirnya buka suara terkait dugaan kebocoran data pribadi yang dialami pelanggannya, Denny Siregar. Anak usaha Telkom ini menyebut...

Related Stories