Technologue.id, Jakarta – Tren ponsel layar lipat saat ini mendorong pabrikan personal computer untuk mengadopsi desain serupa. Lenovo memamerkan laptop dengan layar lipat pertama di dunia sebagai bagian dari seri ThinkPad XI.

Laptop dalam seri ThinkPad XI ini terbilang unik, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda dari laptop lainnya. Dalam sebuah video demonstrasi, terlihat bahwa laptop layar lipat berukuran 13,3 inchi ini tidak memiliki tombol kibor fisik layaknya laptop pada umumnya.

Baca Juga:
Lenovo Ikut Ramaikan Industri Smartphone Layar Lipat

Laptop keluaran terbaru Lenovo ini dirancang guna memenuhi kebutuhan pengguna akan laptop dengan layar penuh yang mudah dibawa ke mana-mana. Spesifikasi detail gawai ini belum dirilis. Lenovo hanya menyatakan laptop ini akan dimotori oleh prosesor Intel dan sistem operasi Windows.

- Advertisement -

Namun, Lenovo mengungkapkan bahwa layar OLED 2K yang bisa dilipat adalah hasil kolaborasi perusahaan dengan LG Display. Layar lipat memberikan perpaduan perpaduan antara produktivitas laptop dan portabilitas ponsel pintar sehingga bisa menghemat ruang hingga 50 persen.

Baca Juga:
2019, Lenovo Ubah Desain ThinkPad X1 Carbon

Lenovo menyebutkan beberapa contoh fungsi laptop dengan layar lipat. Dalam bentuk buku gawai ini bisa digunakan untuk memantau media sosial sambil merebahkan badan di tempat tidur.

Dalam bentuk laptop tradisional, ThinkPad XI dengan layar lipat bisa digunakan untuk menonton sambil beraktivitas atau mengetik. Kemudian, dalam bentuk layar penuh, gawai bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencatat atau menggambar.

Rencananya, produk ini mulai dipasarkan pada 2020.