Technologue.id, Jakarta – Perhelatan akbar yang diadakan oleh Apple pada bulan Oktober setiap tahunnya kali ini tak disia-siakan hanya untuk mengumumkan pembaharuan dari iPad dan MacBook, tetapi juga Mac Mini yang sudah tak lama diperbaharui.

Mengutip dari TheVerge.com (30/10/2018), Apple baru saja meluncurkan Mac Mini versi terbaru setelah sejak 2014 tak lagi diperbaharui. Dan kali ini, Apple melakukan pembaharuan yang cukup besar dengan menyematkan prosesor Intel generasi kedelapan, mulai dari varian Core i3 hingga Core i7.

Baca juga:

iPad Pro 2018 Hadir dengan Bezel Tipis dan Memori 1TB, Harga?

Untuk spesifikasi detailnya, Mac Mini mendukung penggunaan RAM hingga berkapasitas 64 GB dan media penyimpanan berbasis flash hingga 2 TB. Hal ini jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya yang masih menggunakan harddisk.

Baca juga:

Apple ID Jadi Incaran Para Penjahat Siber

Tak ketinggalan, Apple juga menyematkan sebuah cip khusus untuk meningkatkan keamanan, bernama T2. Cip tersebut digadang-gadang bisa mencegah para peretas untuk “menguping” dari mikrofon yang terdapat pada Mac Mini. Sementara untuk konektivitasnya, ada empat buah port USB-C Thunderbolt 3.0, dua port USB-A, HDMI, dan ethernet.

Baca juga:

iOS 12 Bikin Apple Fanboy Antusias, Kenapa?

Soal harga, varian standar dari Apple Mac Mini ditawarkan mulai US$799 (Rp12 jutaan) dengan spesifikasi, prosesor quad-core Core i3, RAM 8 GB, dan SSD 128 GB. Sementara untuk varian tertingginya, Mac Mini juga tersedia dengan spesifikasi prosesor hexa-core Core i7, RAM 64 GB, dan SSD 2 TB.