Technologue.id, Jakarta – Pertumbuhan e-commerce di tanah air kian bertumbuh pesat tiap tahunnya. Pertumbuhan e-commerce ini disambut baik oleh pemerintah guna memajukan perekonomian digital di Indonesia. Salah satu e-commerce yang terus melaju pesat adalah Bukalapak. Menginjak sewindu, Bukalapak terus berkomitmen  memajukan ekonomi digital di Indonesia dengan membantu para UKM kembangkan bisnis mereka.

“UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Untuk itu, Kami mendorong para UKM untuk terus berkarya dan memproduksi kerajinan-kerajinan secara kreatif dan memasarkannya melalui marketplace dengan tujuan memperluas jangkauan pemasarannya. Bukalapak ingin menjadi pemberi pekerjaan terbanyak di Indonesia, menjadi sumber kesejahteraan UKM di Indonesia, dan pembayar pajak terbesar di Indonesia,” Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak menuturkan kepada Technologue.id saat acara Ulang Tahun ke 8 Bukalapak di kawasan Kuningan, Jakarta.

Baca juga:

Tingkatkan Penjulan, Bukalapak Edukasi Para Pelapak

Acara ulang tahun Bukalapak ke delapan ini juga didukung pihak pemerintah seperti dihadiri oleh Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik ; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto ; Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga serta Menkominfo, Rudiantara.

Menkominfo, Rudiantara memberikan tumpeng kepada tim Bukalapak (Donnie Pratama Putra/Technologue.id)

“Platform e-commerce seperti Bukalapak mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia. Kami harap e-commerce Indonesia tak hanya berkiprah di wilayah nasional saja melainkan internasional,” papar Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik di tempat yang sama.

Baca juga:

Selain Samsung, Ini Brand Elektronik Top Buruan Netizen Indonesia

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang mengatakan bahwa, ”Kementrian Perindustrian telah membantu UKM, mulai dari equipment, bimbingan dan lainnya”.

“E-Commerce merupakan terobosan baru ekonomi digital. Untuk itu, kami terus berupaya memajukan ekonomi digital melalui UKM dan e-commerce. Selain itu, Kementrian Preindustrian mendorong pendidikan digital, mulai dari coding, mempelajari 3 bahasa dan lainnya,” tambah Airlangga.

Baca juga:

Rajin Ajak Orang Indonesia Hidup Lebih Cermat, Situs Ini Diinves Rp540 Miliar

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia sebagai wadah bagi para UKM memberikan sejumlah dukungan bagi para UKM dan e-commerce lokal.

“Sejumlah dukungan kami berikan kepada UKM di Indonesia. Salah satunya dengan meringankan beban biaya export dan import,” pungkas Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Dukungan juga mengalir dari Kominfo yang turut serta mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

“Di tahun 2018 ini, Kominfo fokus ke broadband, e-commerce dan lainnya. Payment system merupakan bagian penting dari e-commerce yang perlu diperhatikan. Jadi sebaiknya lebih cepat dibantu untuk proses nya. Karena e-commerce tanpa didukung payment system tak akan berjalan mulus,” tutup Menkominfo, Rudiantara.