Technologue.id, Jakarta – Penyelenggaraan Consumer Electronics Show (CES) 2019 akan dimulai dalam beberapa jam ke depan. Event teknologi tahunan yang dihelat 8-11 Januari 2019 ini akan menjadi ajang pamer inovasi terbaru di Las Vegas, AS. Apa yang dipamerkan di tempat ini bakal menjadi petunjuk ke mana arah industri teknologi global selama setahun ke depan.

Sebelum gong acara dibuka, kita lihat sekilas prediksi kemunculan sejumlah perangkat yang dinanti antara lain produk smartphone, wearables, PC gaming, AR/VR, perangkat rumah pintar, dan otomotif. Berikut pemaparannyas yang dirangkum dari The Verge (3/1/2019):

1. Personal computer (PC)
Tahun ini kita berharap untuk melihat banyak perubahan evolusioner di industri PC. Termasuk diantaranya vendor PC yang mengadopsi prosesor Intel terbaru, GPU Nvidia terbaru, dan mungkin beberapa peningkatan hardware dari AMD di kedua bidang tersebut.

Tren besar tahun lalu seperti bezel yang sangat tipis, harus kembali ditonjolkan pada acara tahun ini. Piranti yang mendukung mobilitas sekaligus produktivitas tetap menjadi incaran konsumen.

Meski masih terbilang dini, namun ada peluang bagus bila industri laptop juga terkena demam 5G. Sudah mulai ada beberapa pengumuman mengenai laptop yang mampu mendukung 5G. Beberapa nama besar seperti Microsoft, Dell, HP dan Lenovo telah diajak kerjasama oleh Intel untuk menciptakan laptop 5G. Laptop tersebut diciptakan untuk mendukung kecepatan akses sampai kekuatan gigabit.

Baca Juga:
Samsung Siapkan Monitor Gaming dengan Resolusi QHD

2. Gaming
Selama bertahun-tahun, gaming terus menjadi salah satu fokus utama CES. Meski ada Electronic Entertainment Expo (biasa disingkat E3) khusus untuk gaming, namun konferensi tahunan Las Vegas juga telah menjadi ‘rumah’ bagi semua jenis pengumuman PC gaming. Di sini kita bisa melihat hasil grafis yang lebih mulus, desain PC konseptual dan eksperimental, serta display 4K yang semakin besar dan lebih indah.

Tahun ini, Nvidia diharap menghadirkan beberapa pengumuman besar di produk chipset grafisnya. Salah satu komponen yang bisa debut di CES 2019 adalah kartu grafis RTX untuk laptop gaming.

Tak hanya itu, AMD juga akan hadir. Produsen prosesor Radeon ini menyiapkan chip sendiri untuk menyaingi Nvidia. Sementara itu, Acer, Alienware, Asus, Razer, dan lainnya juga akan memastikan kemunculan produk gaming baru.

3. Drone
Brand drone ternama, DJI, akan memamerkan drone baru di CES besok. Sebelumnya, DJI telah merilis Drone Tello murah US$99 (sekitar Rp1,4 juta) dalam kemitraan dengan startup Ryze. Portfolio terakhir perusahaan asal China itu di 2018 adalah Osmo Pocket, yang sama sekali bukan drone, tetapi stabilizer kecil yang mampu merekam video 4K.

DJI akan memiliki saingat kuat di industri drone. Ada produk drone dinobatkan sebagai penerima Penghargaan Inovasi CES 2019, termasuk Mantis Q Yuneec yang dirilis Agustus lalu, dan pengontrol penerbangan single-handed baru bernama FT Aviator yang dirancang oleh astronot NASA Scott Parazynski.

Baca Juga:
Menakjubkan, Kamera Drone Ini Bisa Rekam Video 6K!

Ada juga serangkaian drone yang bisa merekam video di bawah air. Beberapa drone waterproof diperkirakan akan muncul tahun ini termasuk Navatics ‘MITO, yang dilengkapi dengan kamera 4K dan stabilisasi tingkat lanjut. Sublue juga menampilkan prototipe drone bawah air Nano-nya, yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk secara otomatis mengikuti subjek untuk mengambil foto dan video.

4. Smartphone
Vendor ponsel yang akan memanfaatkan ajang CES 2019 untuk merilis produk terbaru antara lain Sony, LG, dan TCL. Masih belum pasti apakah Samsung juga akan memboyong Galaxy S10 dan ponsel layar lipat pertamanya, Galaxy F, di acara ini.

Namun smartphone layar tekuk akan menjadi hal besar di CES tahun ini. Beberapa pabrikan ponsel berencana untuk memamerkan produk layar fleksibel mereka di sini.

Cukup prematur mengharapkan kehadiran smartphone 5G di awal tahun, tapi siapa tahu ada kejutan pengumuman implementasi Snapdragon 855 yang baru saja diumumkan akhir tahun lalu.