Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Meta Akan Menghapus Berita dari Facebook dan Instagram Setelah Pengesahan Undang-Undang Baru di Kanada
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Meta akan menghapus berita dari Facebook dan Instagram di Kanada setelah Senat negara tersebut mengesahkan Undang-Undang Berita Online, perusahaan mengumumkan pada hari Kamis.

Undang-undang tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai Bill C-18, akan memaksa perusahaan teknologi seperti Meta dan Google untuk melakukan negosiasi dengan penerbit berita dan membayar mereka atas konten yang mereka hasilkan.

Baca Juga:
Meta Cabut Aturan Misinformasi Covid-19 di Beberapa Negara

Meta Mengekspresikan Ketidaksetujuan Terhadap Undang-Undang Berita Online

Dalam sebuah pernyataan pada bulan Mei, Nick Clegg, presiden urusan global Meta, menyatakan, "Dunia terus berubah, dan penerbit, seperti orang lain, harus beradaptasi. Meminta perusahaan media sosial pada tahun 2023 untuk mensubsidi penerbit berita atas konten yang tidak begitu penting bagi pengguna kami, sama seperti meminta penyedia email untuk membayar layanan pos karena orang tidak lagi mengirim surat."

Pada tanggal 1 Juni, Meta juga memperingatkan bahwa mereka akan mulai menguji penghapusan berita dari aplikasi mereka sebagai antisipasi atas pengesahan undang-undang tersebut. Bill C-18 akan mulai berlaku enam bulan setelah mendapat persetujuan kerajaan, sesuai dengan Associated Press.

Menteri Peninggalan Warisan Kanada Menanggapi Tindakan Meta

Pablo Rodriguez, Menteri Peninggalan Warisan Kanada, menolak keputusan Meta untuk menarik berita. Melalui akun Twitternya, Rodriguez menulis, "Facebook tahu betul bahwa mereka tidak memiliki kewajiban berdasarkan undang-undang saat ini. Setelah Royal Assent of Bill #C18, Pemerintah akan terlibat dalam proses regulasi dan implementasi."

Baca Juga:
Meta Umumkan Fitur Obrolan Publik "World Chat" di Horizon Worlds VR

Google Mencari Solusi Terhadap Pemblokiran Konten Berita

Google juga telah menguji pemblokiran konten berita untuk beberapa pengguna di Kanada. Namun, perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka masih berkolaborasi dengan pemerintah untuk menemukan solusi potensial yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan.

Pengalaman Meta dalam Penghapusan Konten Berita

Pada tahun 2021, perusahaan tersebut menarik konten berita dari Facebook di Australia sebagai respons terhadap undang-undang serupa seperti di Kanada, tetapi kemudian mengembalikan berita tersebut setelah pemerintah Australia mengubah undang-undang tersebut.

Dengan pengesahan Undang-Undang Berita Online di Kanada, Meta dan perusahaan teknologi lainnya harus menyesuaikan diri dengan perubahan dalam lingkungan media sosial.

Penghapusan berita ini menimbulkan dampak yang signifikan pada industri penerbitan, dan pemerintah terlibat dalam proses regulasi untuk memastikan perlindungan kepentingan semua pihak yang terlibat.

SHARE:

Cegah Serangan Ransomware, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah

Berkali-kali Diserang Hacker, Apakah Pemerintah Akan Lebih Aware?